Daftar Ponsel Terlaris di Dunia, Bukan Apple atau Huawei

Ilustrasi smartphone.
Sumber :
  • The Verge/Amelia Holowaty Krales

VIVA – Samsung semakin melesat di puncak market share pasar ponsel dunia untuk kuartal tiga. Sementara, Huawei dan Apple mengalami tren penurunan.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Menurut laporan Counterpoint yang dikutip VIVA Tekno, Jumat, 30 Oktober 2020, Samsung berhasil melakukan pengiriman 79,8 juta pada kuartal tiga tahun ini. Angka ini naik dari 78,2 persen dalam periode yang sama pada 2019 lalu.

Di peringkat dua ada Huawei, namun sayangnya tahun ini mengalami penurunan shipment. Pengapalan produk raksasa teknologi China itu turun dari 66,8 juta pada kuartal tiga 2019, menjadi 50,9 juta di tahun ini.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Huawei juga menunjukkan penurunan, dari 20 persen di kuartal dua 2020 menjadi 14 persen untuk kuartal tiga 2020.

Hal yang sama juga terjadi pada Apple, yang harus puas mendarat di posisi keempat. Tahun lalu mengirimkan 44,8 juta, namun menjadi 41,7 juta tahun pada 2020.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Apple harus kalah dari Xiaomi, yang melonjak sekitar 15 juta pengiriman. Tahun 2019 kuartal tiga, perusahaan mengirimkan 31,7 juta dan bertambah menjadi 46,2 juta.

Analis Counterpoint, Abhilash Kumar menyatakan Xiaomi mengalami peningkatan 28 persen secara year on year, dan 35 persen quarter on quarter. Dia menuturkan, jika hasil ini karena sejumlah kampanye dan promosi selama ulang tahun perusahaan di Agustus.

"Juga di pasar baru seperti LATAM (Latin America), Eropa, dan MEA (Asia Tenggara), saham Xiaomi berkembang pesat dengan mengorbankan Huawei yang terkena sanksi perdagangan AS-China. Brand ini juga bekerja baik di pasar Asia Tenggara seperti Indonesia, Fillipina dan Vietnam," ungkap dia.

Sementara itu, tren positif berhasil didapatkan Realme. Counterpoint mencatat pertumbuhannya mencapai 132 persen secara QoQ pada volume pengiriman.

Baca juga: Indihome Bikin Kesal Netizen Lagi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya