Oppo Perkenalkan Ponsel Layar Gulung Pertama

Oppo X 2021.
Sumber :
  • Dok. Oppo

VIVAOppo memperkenalkan konsep ponsel dengan layar gulung pertamanya, Oppo X 2021. Ponsel ini diumumkan bersama dengan sejumlah teknologi lain dalam Oppo Inno Day 2020 pada Selasa, 17 November 2020 melalui YouTube Oppo, dikutip VIVA Tekno.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Untuk mengembangkan konsep layar ini Oppo telah memiliki 122 paten. Dari jumlah itu, 12 di antaranya mengenai mekanisme layar gulung. Memiliki layar Oled dengan konsep continuously variable yang memungkinkan layar ponsel dapat dibentangkan, di mana ukuran minimumnya 6,7 inchi dan maksimal menjadi 7,4 inchi.

Dengan layar seperti ini maka akan membuat tampilan lebih lebar dan akan meningkatkan pengalaman saat menggunakan untuk membaca e-book, menonton video streaming, serta saat bermain games. Konsep layar gulung pada Oppo X 2021 ini menggunakan tiga teknologi mutakhir, yakni powertrain roll motor, 2-in-1 Plate, dan juga Warp Track.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Powertrain roll motor adalah sistem dua motor penggerak yang terpasang pada ponsel. Lalu, akan mengeluarkan gaya konstan untuk memperpanjang layar agar tampilan bergerak dan tekanan dapat didistribukan secara merata. Sistem ini juga membuat apabila layar ditarik atau digerakkan secara tiba-tiba tidak akan mengalami kerusakan.

Teknologi pelat 2-in-1 merupakan struktur untuk menopang layar dengan dua subtrat pendukung pada kedua sisi dalam perangkat. Jadi saat ditarik, keduanya akan saling berdekatan dan membentuk satu permukaan sementara bila digulung maka hanya satu media yang akan meluncur keluar untuk menopang layar.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Layar gulung sendiri memiliki peningkatan ketebalan pada keseluruhan display dan akan berpengaruh sejauh mana layar dapat ditekuk. Untuk itu hadirlah Warp Track yang merupakan teknologi dikembangkan sendiri oleh Oppo.

Teknologi ini menggunakan material baja sebagai bahan utama dan membuat tingkat ketebalan laminasi paling tipis hanya 0,1 milimeter. Dibuat dengan pola linear, Warp Track diklaim dapat meningkatkan ketahanan layar saat ditekuk.

Seperti diberitakan sebelumnya, Oppo mengisyaratkan bakal memamerkan teknologi layar gulung pada ponsel. Mereka seakan tidak mau kalah dari Samsung.

Awal bulan ini, paten Oppo untuk perangkat dengan layar yang dapat digulung diterbitkan oleh administrator kekayaan intelektual negara asalnya, China National Intellectual Property Administration.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya