Ditinggal Apple, Intel Bikin Laptop Baru

Kantor pusat Intel Corp.
Sumber :
  • Instagram/@adrchen

VIVA – Chipset buatan Apple, M1 menjadi pertanda perpisahan perusahaan itu dengan Intel. Namun seakan tak mau kalah, Intel baru saja meluncurkan laptop baru.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Bernama NUC M15, laptop ini dirancang secara in house. Rencananya, perangkat akan dijual melalui sejumlah mitra pada 2021 mendatang, dilansir dari The Verge, Jumat, 20 November 2020.

Laptop tersebut tidak menargetkan pembeli dari kalangan penggila game seperti produk serupa. Namun, M15 menawarkan perangkat dengan kualitas premium.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

M15 hadir dengan layar berukuran 15,6 inci IPS serta dukungan 1080p. Intel melengkapi dengan baterai yang diklaim bisa digunakan hingga 16 jam penggunaan.

Laptop itu memiliki tebal 14,9 inci dan berat 1,65 kg. M15 juga dilengkapi dua port Thunderbolt 4 atau USB 4 Type-C, dua port USB A 10Gbps, jack headphone 3,5 mmn dan port HDMI.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Dari prosesor, terdapat Intel Generasi ke 11 Core i5-1135G7 atau i7-1165G7. Kartu grafisnya tak menggunakan Nvidia, namun terintegtrasi Iris Xe Intel.

Terdapat dua pilihan RAM, yakni 8 dan 16 GB. Intel juga menyiapkan pilihan konfigurasi penyimpanan.

Apple mulai menggunakan prosesor buatan sendiri M1 pada Macbook anyarnya. Ini menandai akhir perjalanan 14 tahun penggunaan Intel dalam perangkat Apple.

Macbook Air dengan M1 diperkenalkan dengan baterai yang mampu bertahan 15 jam saat browsing serta 18 jam menonton video. Untuk layarnya memiliki ukuran 13,3 inci.

Macbook Air dijual mulai dari Rp14,1 jutaan. Apple juga menyediakan pre-order bagi para Apple Fanboy yang tertarik untuk memesan lebih dulu perangkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya