Joystick Xbox Terbaru Bisa Terhubung ke iPhone dan iPad

Xbox controller
Sumber :
  • Mashable

VIVA – Microsoft tetap menjalankan tradisi lama untuk pengontrolnya, yang bisa digunakan pada perangkat selain Xbox. Joystick terbaru pun akan melakukan hal yang sama.

Jokowi Bertemu Tim Cook Hari Ini, Menperin: Ada Kebijakan yang Kita Keluarkan untuk Apple

Apple mengonfirmasi jika pengontrol Xbox terbaru bisa digunakan di perangkatnya, melansir laman Mashable, Senin, 23 November 2020. Hal ini disampaikan dalam laporan 9to5Mac dalam situs Apple Support, yakni controller dalam Xbox Seri X bisa digunakan untuk iPhone dan iPad.

Namun, akses ini baru bisa dilakukan setelah sejumlah pembaruan pada software di masa depan. Apple belum menyatakan kapan update akan datang, tapi mengatakan jika sedang bekerja sama dengan Microsoft untuk segera mewujudkannya.

Apple Bangun Pabrik iPhone di Indonesia, Menkominfo: Tunggu Besok

Kebijakan ini mengikuti controller Xbox One default, Xbox Elite, dan Xbox Adaptive Controller yang juga bisa digunakan di perangkat Apple.

Pengontrol Xbox Seri X dan Seri S tidak jauh berbeda dengan Xbox One. Hanya sedikit lebih kecil dan memiliki tekstur berbeda pada grip dan trigger untuk membuat kontroller lebih mudah dipegang. Selain itu juga ada tombol share untuk mengambil screenshots serta media lainnya.

Tim Cook Datang ke Indonesia Besok, Apple Turun Takhta

Sementara itu, belum ada informasi lebih lanjut soal kemampuan yang sama dari Dual Sense milik PS5. Sebelumnya, controller PS4 sudah mendukung untuk akses ke iPhone dan iPad. Pengontrol untuk PS5 dibangun dengan faktor bentuk yang mirip seperti kontroller Xbox serta fitur haptic bawaan.

Sebagai informasi, Xbox hadir dengan dua varian yakni perangkat entry level Xbox Series S dijual sekitar Rp4,4 jutaan. Serta adapula perangkat flagship Xbox Series X dibanderol Rp7,4 jutaan.

Sony memastikan kehadiran PS5 di Indonesia. Kedua versi Digital Edition dan Standard Edition sudah bisa dipesan sejak 18 November 2020 dan dibeli langsung secara offline pada 22 Januari 2021 mendatang.

Di Indonesia, PS5 Digital Edition akan dijual dengan harga Rp7,3 jutaan. Sedangkan Standard Edition dari konsol anyar itu senilai Rp8,8 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya