Cara Mudah Mengetahui iPhone Asli, Palsu dan Rekondisi

iBox Store
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA – Apple iPhone menjadi salah satu produk ponsel, yang banyak disukai di dunia. Produk ciptaan mendiang Steve Jobs ini dianggap selalu memberi terobosan baru dalam hal komunikasi dan interaksi.

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone

Sampai saat ini, sudah ada 12 seri iPhone yang dipasarkan. Masing-masing mengusung teknologi berbeda, sesuai tahun peluncurannya.

Meski masuk dalam segmen premium, namun banyak kalangan yang tertarik memiliki iPhone. Sayangnya, ada beberapa oknum yang memanfaatkan kesempatan itu untuk menawarkan produk rekondisi atau refurbished.

Apple Bagi-bagi Undangan

Lantas, bagaimana cara membedakan iPhone asli yang masih belum pernah dibongkar dengan produk rekondisi?

Berdasarkan keterangan resmi dari Erafone, dikutip Selasa 8 Desember 2020, ada beberapa indikator yang bisa diperiksa untuk mengetahui hal itu:

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Cek Layar iPhone

Perbedaan iPhone asli dan palsu dapat diketahui lewat layar. Ponsel iPhone asli sudah dilengkapi dengan layar berteknologi retina display, sehingga mampu menghasilkan tingkat kejernihan gambar dan kombinasi warna yang dapat memanjakan mata.

Beberapa iPhone terbaru juga sudah dilengkapi fitur True Tone. Jadi, terang dan gelap layar iPhone dapat otomatis menyesuaikan kondisi cahaya di sekitar kamu. Jika fitur ini tidak berfungsi dengan baik, ada kemungkinan iPhone yang kamu miliki adalah rekondisi.

Cek Model iPhone

Kamu bisa mengidentifikasikan iPhone asli atau iPhone refurbished melalui keterangan pada model perangkat. Buka menu Settings> General > About, lalu akan muncul deskripsi terkait perangkat iPhone salah satunya adalah deskripsi Model iPhone yang biasanya merupakan sebuah kombinasi huruf dan angka.

Huruf pertama merupakan keterangan apakah iPhone tersebut Original, Refurbished, Replacement. Jika iPhone yang kamu gunakan benar-benar baru dan asli keterangan Model iPhone diawali huruf M. 

Cek IMEI

Kamu juga bisa memeriksa keaslian iPhone lewat nomor IMEI yang tertera pada iPhone. Produk asli memiliki nomor IMEI yang bisa kamu cek di bagian Settings > General > About. Di sana kamu akan menemukan informasi detail perangkat, termasuk IMEI yang terdiri dari 15 digit angka.

Jika iPhone kamu original, nomor IMEI di box dengan yang kamu temukan di bagian About. Jika berbeda, bisa jadi barang yang kamu beli tidak asli, refurbished atau rekondisi.

Cek Garansi

Apple memberikan garansi satu tahun kepada pembeli iPhone. Uniknya, garansi ini bisa kamu cek sehingga dapat diketahui iPhone tersebut asli atau palsu. Kamu bisa mengecek garansi tersebut dengan menggunakan nomor IMEI dari iPhone, kemudian buka situs https://checkcoverage.apple.com/id/in/ untuk memasukkan IMEI.

Ponsel iPhone asli akan menampilkan beberapa informasi mulai dari model, masa garansi dan lainnya, namun jika situs tersebut tak memberikan informasi apapun, maka dipastikan iPhone kamu palsu.

Jika ingin mendapat produk iPhone asli, cara paling mudah adalalah dengan membelinya di Eraspace atau iBox. Semua model mendapat garansi resmi dari TAM, dan bahkan iBox kini juga hadir di Shopee.

Kalau belanja di Eraspace, ada beberapa opsi pengiriman, yakni ambil sendiri di toko atau memakai jasa Era Xpress yang akan diantar oleh kurir dari toko resmi terdekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya