Ini Alasan Kenapa Realme dan Xiaomi Rela Perang demi Indonesia

Realme vs Xiaomi.
Sumber :
  • mysmartprice.com

VIVA – Persaingan Realme dan Xiaomi di Indonesia makin memanas. Kedua ponsel China ini juga diketahui saling sikut-sikutan dalam meraih hati konsumen Tanah Air sebanyak-banyaknya untuk membuktikan produk siapa yang terbaik.

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Laporan terbaru Counterpoint Research pada kuartal III 2020 menyebutkan Indonesia menjadi satu dari tiga negara di Asia Tenggara yang memberikan kinerja baik penjualan kedua ponsel China tersebut.

Baca: Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Menurut Analis Riset Counterpoint, Abhilash Kumar, Xiaomi mencapai pengiriman tertinggi, yaitu 46,2 juta unit ada kuartal ketiga tahun ini. Pertumbuhan tersebut juga berdampak positif di China, yang merupakan kandang ponsel yang didirikan oleh Lei Jun.

"Pertumbuhan mengesankan ini didorong oleh serangkaian kampanye dan promosi selama perayaan 10 tahun Xiaomi berdiri pada bulan Agustus," kata dia, melalui situs Counterpoint Research yang dikutip VIVA Tekno, Jumat, 11 Desember 2020.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Selain itu, lanjut Kumar, penjualan Xiaomi di pasar Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, dan Vietnam juga sangat baik. Tidak hanya Asia Tenggara Xiaomi berjaya, Amerika Latin, Eropa serta Timur Tengah dan Afrika, juga berkembang pesat.

Padahal Xiaomi pemain baru di sana. Bahkan, pertumbuhannya melampaui Huawei yang masih mengalami dampak sanksi perdagangan AS-China. Lantas, bagaimana dengan Realme?

Kumar mengungkapkan bahwa Realme yang baru berusia 2 tahun itu mampu melawan tren pasar global dengan mencatatkan pertumbuhan sebesar 45 persen yoy dan 132 persen secara qoq (quartal-on-quartal).

Dalam periode tersebut, Realme secara kumulatif berhasil mengirimkan lebih dari 50 juta smartphone pada akhir kuartal ketiga tahun ini sejak peluncuran perdananya pada 2018. Dengan begitu, Realme mampu melampaui merek smartphone terkemuka yang lebih dahulu hadir, seperti Samsung, Apple, Huawei, dan Xiaomi.

"Hingga kuartal ketiga, Realme tumbuh menjadi salah satu dari 5 merek teratas secara global. Di Indonesia, India, Bangladesh dan Filipina, Realme masuk 3 teratas sebagai smartphone pilihan pengguna," jelas Kumar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya