Tangkal Serangan Siber, Laptop Ini Dilindungi Pertahanan Berlapis

Dynabook Portege X30W-J
Sumber :
  • Dok. Dynabook

VIVA – Produsen laptop asal Jepang, Dynabook, merilis produk baru Portege X30W-J. Ini merupakan laptop berbobot 989 gram yang menggunakan prosesor Intel Core i5 dan i7 quad-core 10 nm generasi ke-11. Laptop yang dibanderol mulai dari harga Rp33 juta dan sudah tersedia di Indonesia sejak Desember 2020 tersebut juga bisa difungsikan layaknya sebuah tablet.

Kementerian dan Lembaga Diserang Hacker

General Manager Product Strategy for Mobile Computing Solutions, Device and IoT Dynabook Singapore, Wong Wai Meng, menjelaskan perangkat anyarnya itu dilengkapi memori LPDDR4x saluran ganda hingga 32GB yang bekerja pada 4.266 MHz serta penyimpanan PCIe SSD hingga 1TB.

Baca: Bagaimana Pelaku Kejahatan Siber Bisa Tahu Nomor Ponsel Korban

Serangan Hacker ke Perangkat Seluler Makin Ngeri, Lewat Iklan Pop-up

"Dynabook Portege X30W-J sudah bersertifikasi Intel Evo dan tersedia dalam konfigurasi menggunakan teknologi grafis baru Intel Iris Xe untuk level grafis, ketahanan baterai, kecepatan menyala, kemampuan prosesor, ketersediaan port Thunderbolt 4, dan WiFi 6," ungkapnya, Minggu, 27 Desember 2020.

Dari sisi keamanan, laptop ini telah memenuhi persyaratan PC Microsoft Secured-core. Menurut Wong, perangkat ini menggabungkan Bios milik Dynabook, enkripsi, serta otentikasi wajah dan sidik jari untuk memastikan data terlindung dari serangan siber yang semakin canggih.

Sikat Gigi Tidak Luput dari Serangan Siber

Selain itu, Rana webcam dan slot Lock keamanan juga diatur agar memberikan privasi lebih. Serangan siber diprediksi akan terus berkembang di Indonesia. Baik dari segi taktik, teknik, maupun prosedur yang digunakan. Oleh karenanya perlu menjadi perhatian dalam meningkatkan kewaspadaan nasional.

Perkembangan teknologi membuat serangan siber di Tanah Air semakin mengkhawatirkan. Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN mencatat, lebih dari 325 juta serangan siber mulai dari Januari hingga Oktober 2020. Dari jumlah itu, serangan paling dominan adalah jenis jebakan tautan phishing, Distributed Denial of Services (DDoS) dan ransomware.

Singapore Airshow 2024.

Angkatan Udara Kebobolan, Percakapan 4 Perwira Tinggi Berhasil Disadap di Singapura

Angkatan Udara kebobolan karena percakapan empat pati atau perwira tingginya berhasil disadap di dalam hotel di Singapura.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024