4 Cara Mudah Memperbaiki Masalah Umum pada Laptop

Ilustrasi depan laptop.
Sumber :

VIVA – Banyak orang kini lebih memilih komputer jinjing atau laptop, ketimbang PC atau desktop. Alasannya sederhana, yakni karena perangkat tersebut bisa digunakan di manapun.

4 Rekomendasi Komputer Tanpa CPU untuk Pekerja Kantoran hingga Content Creator

Saat ini mereka yang menggunakan komputer desktop cenderung menggunakan peranti itu untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan performa tinggi, seperti menyunting video dan gambar.

Namun karena keterbatasan spesifikasi, terkadang laptop mengalami gangguan yang membuat pengguna kesal. Untungnya, ada beberapa masalah yang bisa diselesaikan dengan cara mudah.

8 Alat untuk Melihat Hilal, Ada Tongkat

Dikutip dari laman Popsci, Selasa 5 Januari 2021, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pemindaian virus secara menyeluruh. Gunakan program antivirus yang kamu percaya, perbarui daftarnya dan lakukan pemeriksaan.

Meski membutuhkan waktu lama, namun dengan cara ini kamu hampir bisa memastikan bahwa tidak ada penyusup atau virus yang membuat kinerja laptop jadi berat.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Setelah selesai, perbarui program sistem operasi. Para pengembang memiliki alasan kuat, mengapa mereka mengeluarkan update untuk peranti tertentu. Mulai dari membuat kinerja jadi lebih cepat, hingga menyelesaikan masalah yang selama ini ada namun tidak disadari oleh pengguna.

Langkah selanjutnya adalah membuang program yang tidak kamu perlukan. Terkadang kamu mengunduh beberapa program karena tertarik dengan fiturnya, atau dibutuhkan sesaat namun kemudian tidak lagi dipakai dan dibiarkan terpasang selama bertahun-tahun.

Dengan menghapus program tersebut, maka ruang penyimpanan jadi lebih lega dan bisa jadi mengurangi beban prosesor, karena ada beberapa pogram yang berjalan di balik layar meski tidak sedang digunakan.

Terakhir, biasakan untuk membersihkan recycle bin dan history serta cache yang ada di mesin perambah. Kamu bisa juga memasang program khusus, yang akan membersihkan sisa-sisa aplikasi yang sudah dibuang namun masih meninggalkan jejak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya