Review Honor Band 5: Smartband Pendeteksi Penyakit Mematikan

Huawei Honor Band 5
Sumber :
  • Digitaltrends

VIVA – Smartband menjadi salah satu wearable device atau aksesori elektronik yang saat ini menjadi tren di masyarakat. Alat berbentuk gelang tersebut terkoneksi dengan ponsel, sehingga bisa menampilkan notifikasi pesan atau panggilan masuk.

Duel Xiaomi dan Huawei Memanas di Ranah Mobil Listrik

Ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang berusaha untuk mengurangi ketergantungan pada ponsel atau smartphone. Cukup lihat pesan yang masuk di smartband, tanpa perlu membalasnya jika dirasa tidak perlu.

Namun, alat ini jauh lebih canggih dari itu. Salah satunya seperti yang ditawarkan oleh Huawei Honor Band 5, smartband yang resmi hadir di Indonesia sejak 2019.

Kembangkan Sistem Berkendara Canggih, Toyota Bakal Gandeng Huawei

VIVA Tekno menguji alat ini selama satu bulan, sebelum membuat ulasannya. Sebab, banyak fitur yang harus dipantau datanya, bukan sekadar ditulis kelebihannya saja.

Honor 5 adalah smartband yang ideal untuk digunakan sebagai pemantau kesehatan, karena memiliki beberapa kemampuan yang tidak tersedia di produk pesaingnya.

Laptop yang Bisa Menangkap Sinyal WiFi Ratusan Meter Dijual di Indonesia

Fitur yang dimaksud adalah pendeteksi kadar oksigen di dalam darah, atau yang dikenal dengan nama Sp02. Banyak yang membeli alat ini karena disebut bisa mengetahui apakah seseorang terpapar virus COVID-19 atau tidak, tapi data yang ditampilkan bisa dipakai sebagai indikasi penyakit lain.

Photo :
  • VIVA Tekno

Satu kasus yang membutuhkan angka Sp02, yakni saat pengguna mengalami sesak napas, menderita asma atau pnumonia. Penyakit itu membuat pasien kesulitan bernapas, sehingga jumlah oksigen dalam darah menjadi di bawah 95 persen.

Ada juga penyakit gangguan tidur yang disebut sleep apnea, dengan gejala susah napas dan bisa fatal akibatnya jika tidak segera dideteksi secara dini.

Honor Band 5 juga akan memantau detak jantung, dan bisa membunyikan alarm apabila angkanya di bawah rata-rata yang bisa jadi disebabkan oleh terjadinya gagal jantung.

Smartband ini bisa dimanfaatkan pula untuk memantau kualitas tidur, di mana durasi istirahat pengguna bisa saja lama tapi tetap merasa lelah. Aplikasi Huawei Health yang bisa diunduh di ponsel iOS maupun Android, akan menampilkan data yang sangat detail mengenai hal tersebut.

Sama seperti smartband lain, Honor Band 5 juga bermanfaat untuk membantu pengguna saat berolahraga, termasuk bisa menghitung berapa kalori yang dibakar tubuh. Bisa dibilang, alat ini cocok untuk mereka yang membutuhkan fungsi, bukan hanya sekadar mengikuti tren gaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya