Adu Kualitas Samsung Galaxy Buds Pro dan Apple AirPods Pro

Samsung Galaxy Buds Pro dan Apple AirPods Pro.
Sumber :
  • Geeky Gadgets

VIVA – Seri Samsung Galaxy S21 resmi rilis bersama dengan earbud generasi terbarunya, Galaxy Buds Pro, awal tahun ini. Samsung dikenal sebagai pesaing kuat Apple untuk perangkat premium.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Apple juga punya earbud andalan, yakni Apple AirPods Pro. Baik Samsung Galaxy Buds Pro maupun Apple AirPods Pro, memiliki spesifikasi serupa tapi tidak sama. Adapun perbandingan kedua perangkat yang mengusung kualitas, seperti dilansir VIVA Tekno dari Tech Radar, Kamis, 11 Februari 2021:

Samsung Galaxy Buds Pro

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Raksasa teknologi Korea Selatan itu menawarkan kualitas suara dan mikrofon yang lebih baik dengan pemasangan multipoint dan dukungan audio spasial. Mereka tidak menawarkan noise cancellation seperti headphone over-ear atau kualitas suara layaknya earbud kelas atas.

Samsung Galaxy Buds Pro dibanderol dengan harga Rp3 juta, lebih ekonomis dibanding Apple AirPods Pro yang memiliki harga Rp4,2 juta. Galaxy Buds Pro memiliki sertifikasi tahan air IPX2 atau IPX4. Artinya, mereka bisa bertahan untuk beberapa tetes air hujan atau sedikit keringat.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Sedangkan AirPods Pro hanya menawarkan peringkat sertifikasi IPX4 dan Samsung menjadi unggul atas masalah ini. Samsung juga membekalinya dengan banyak fitur yang disesuaikan pada ponsel Samsung, termasuk Bixby.

Mereka juga menggunakan Audio Scalable milik Samsung yang mendukung streaming audio UHQ melalui Bluetooth hingga 24-bit/96kHz, SmartThings Finder, dan perekaman multi-mikrofon, yang memungkinkan pengguna menggunakan Buds sebagai mikrofon kerah saat merekam video.

Active Noise Cancellation (ANC) di generasi pendahulunya masih lebih baik dari yang sekarang. Belum lagi ukuran earbud yang terlalu besar 1dan tidak nyaman untuk dikenakan saat berbaring.

Samsung Galaxy Buds Pro dirancang khusus untuk hanya bekerja dengan perangkat Galaxy. Artinya, jika pengguna memiliki perangkat iOS atau Android non-Galaxy, Anda tidak akan memiliki akses ke banyak fitur yang membedakan earbud ini dari pesaing.

Apple AirPods Pro

Ini merupakan salah satu earbud nirkabel paling populer. Perangkatnya memiliki suara yang bagus, noice cancelling yang kuat untuk pengguna iOS, dan bahkan bisa memindai telinga untuk memastikannya terpasang dengan benar.

Apple AirPods Pro menawarkan fitur tambahan, seperti Audio Spasial, Automatic Paring, dan kemampuan untuk melacak kesehatan pendengaran. Bentuk perangkat yang ringan dan casing pengisi daya yang ringkas, membuatnya ideal untuk digunakan saat bepergian.

Namun, peringkat ketahanan airnya yang lebih rendah mengartikan Samsung Galaxy Buds Pro lebih cocok digunakan saat berolahraga. Apple AirPods Pro yang dikombinasikan dengan Powerbeats Pro akan mengirimkan tingkat volume yang tepat ke iPhone pengguna, sehingga pengguna bisa memastikan bahwa mereka tidak mendengar musik terlalu keras.

Jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Buds Pro, Apple AirPods Pro menawarkan standar kualitas audio yang lebih tinggi, serta ANC. AirPods Pro ditujukan untuk pengguna iOS, jika digunakan untuk smartphone dan tablet Android, ada banyak fitur yang tidak bisa digunakan.

Untuk masalah desain, banyak orang tidak menyukai tampilannya yang menonjol. Di sini pengguna juga tidak akan menemukan Apple AirPods Pro dalam salah satu warna menakjubkan yang bisa didapat pada perangkat Samsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya