Ponsel Hilang Bukan Berarti Kiamat, Begini Cara Melacaknya

Ilustrasi ponsel hilang.
Sumber :
  • cbc.ca

VIVA – Kehilangan ponsel bisa menjadi suatu musibah yang besar. Sebab, saat ini perangkat pintar tersebut menjadi andalan untuk menyimpan data penting atau data pribadi pemiliknya.

Nikita Mirzani Bongkar Kelakuan Pasangan yang Posesif: Sindir Rizky Irmansyah?

Penggunaan teknologi yang canggih berpotensi mengembalikan ponsel ke tangan pemiliknya. Tapi jika memang belum beruntung, setidaknya pemilik bisa melakukan penguncian, pencadangan, atau bahkan menghapus data-data pribadinya di smartphone. Melansir situs CNET, Selasa, 16 Februari 2021, berikut cara-cara yang bisa diandalkan:

Buat layar kunci yang aman

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Baca: Sama-sama Ponsel Murah, Ini Bedanya Samsung Galaxy A02 dan A02s

Langkah pertama adalah untuk mengaktifkan kode sandi dan otentikasi sidik jari, dan jangan gunakan pengenalan wajah di perangkat Android. Pada sebagian besar perangkat Android, teknologi yang digunakan untuk pengenalan wajah dapat diakali dengan sesuatu yang sederhana, seperti foto wajah.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Find My Device dari Google

Setiap kali Anda masuk ke perangkat Android dengan akun Google, Find My Device secara otomatis dihidupkan. Layanan gratis dari Google ini akan berfungsi jika ponsel yang hilang ingin dilacak, mengunci dan menghapusnya dari jarak jauh.

Untuk memastikan layanan ini diaktifkan di perangkat, Anda bisa menggunakan langkah-langkah ini. Pergi ke menu 'Setting', kemudian 'Security & Location' dan 'Find My Device'.

Jika perangkat tidak memiliki opsi Security & Location, bisa menggunakan cara lainnya, buka menu 'Google', kemudian 'Security' dilanjutkan dengan 'Find My Device'. Find My Device harus dihidupkan, atau geser sakelar ke posisi On.

Anda harus melakukan pengecekan, apakah kemampuan untuk mengamankan dan menghapus perangkat dari jarak jauh telah diaktifkan, dengan membuka  android.com/find  di komputer. Kemudian pilih ponsel Anda, dan klik 'Set Up Secure & Erase'. Notifikasi akan dikirim ke telepon Anda.

Fitur khusus Samsung

Baru-baru ini Samsung mengumumkan layanan baru bernama 'SmartThings Find'. Fitur baru ini berfungsi seperti aplikasi Find My Apple,  dengan melakukan crowdsourcing lokasi perangkat yang hilang meskipun sedang offline.

Hal itu akan memberi tahu perangkat Galaxy terdekat untuk mencari sinyal bluetooth dan melaporkan lokasinya jika ditemukan. Semuanya dilakukan secara anonim.

SmartThings Find minimal harus perangkat yang sudah menjalankan Android 8. Platform harus menjalankan versi terbaru, atau bisa memperbaruinya di Galaxy Store. Setelah dinyalakan, user atau pengguna dapat melihat lokasi perangkat dengan membuka aplikasi SmartThings dan memilih SmartThings Find.

Saat Anda melihat lokasi perangkat, ada tombol 'More Option' yang akan membawa Anda ke layanan Find My Mobile Samsung, di mana Anda dapat menggunakan kontrolnya untuk mengunci perangkat, mencadangkannya dari jarak jauh, atau bahkan menghapusnya.

Find My Mobile milik Samsung mampu melakukan hal-hal sebagai berikut, seperti memaksa melakukan pencadangan dari jarak jauh atau melihat apakah seseorang telah menukar kartu SIM Anda. Pengguna harus menggunakan akun Samsung untuk mengatur Find My Mobile.

Aktifkan Find My Mobile di perangkat Galaxy dengan pergi ke menu 'Setting', kemudian 'Biometrics and security' dan 'Find My Mobile'. Jika Anda sudah masuk ke akun Samsung saat pertama kali perangkat digunakan, Find My Mobile seharusnya sudah aktif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya