Logo BBC

Netflix Mau Menertibkan Pengguna

Netflix.
Netflix.
Sumber :
  • bbc

Netflix logo on a TV with hand holding remote
Getty Images

Netflix berusaha menghentikan praktik berbagi kata sandi (password). Sejumlah pengguna melaporkan mereka melihat layar yang mengatakan, "Jika Anda tidak tinggal dengan pemilik akun ini, Anda memerlukan akun Anda sendiri untuk lanjut menonton."

Seorang juru bicara Netflix mengatakan kepada BBC: "Tes ini dirancang untuk membantu memastikan bahwa orang yang menggunakan akun Netflix memang diizinkan untuk melakukannya."

Perusahaan belum membuat keputusan apakah cara ini akan diluncurkan di seluruh jaringannya. Dalam uji coba, pengguna dapat memverifikasi bahwa mereka diizinkan untuk mengakses akun dengan kode, yang dikirim melalui teks atau email.

Netflix berusaha untuk menindak para pengguna yang tidak sah, meskipun tidak jelas berapa banyak orang yang melanggar persyaratan layanan platform tersebut.

Platform video streaming, termasuk Netflix, HBO Go, Amazon Prime, dan Disney Plus, mengizinkan pengguna membuat lebih dari satu profil di dalam akun, namun syarat dan ketentuan mereka menentukan bahwa profil tersebut hanya boleh digunakan oleh orang-orang yang serumah.

Dalam siaran web pada 2016, salah satu pendiri dan kepala eksekutif Netflix Reed Hastings mengatakan: "Berbagi kata sandi adalah sesuatu yang wajar, karena ada begitu banyak orang yang membagikan kata sandi mereka secara sah, misalnya Anda berbagi dengan pasangan Anda, dengan anak-anak Anda, jadi tidak ada batasan yang jelas, dan kami tidak mempermasalahkan hal ini. "