Review Realme 8: Smartphone Mid-Range Stylish Terbaru dari Realme

Realme 8
Sumber :
  • Realme

VIVA – Realme 8 resmi diluncurkan di Indonesia pada 7 April 2021. Smartphone ini dirilis bersama dengan Realme 8 Pro. 

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Meski tak punya resolusi kamera besar seperti versi Pro, Realme 8 membawa berbagai fitur yang tak kalah menarik, seperti Tilt-Shift Mode, Dynamic Bokeh, Starry Mode, Dual-View Video, dan desain smartphone yang futuristik. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang smartphone ini, Anda bisa melihat ulasan singkatnya dalam review Realme 8 berikut. 

Desain
Hadir dengan dua warna pilihan: Cyber Silver dan Cyber Black, Realme tetap mempertahankan trendsetting design pada peluncuran smartphone-nya kali ini. Mengadopsi desain yang trendi dengan menampilkan gaya sci-fi yang futuristik, Realme 8 mengusung desain yang terinspirasi dari digital dan untuk pertama kalinya hadir ke dalam sebuah smartphone. 

Siap-siap Menyambut Xiaomi 14 di Indonesia

Dibuat melalui Split Design dan Splicing Process, Realme 8 memberikan looks yang berbeda bak dunia digital dalam genggaman visual. Di sisi sebelah kiri dari smartphone, hadir garis nyata dengan tulisan “Dare to Leap”, sementara di sebelah kanan menampilkan kesan yang lebih misterius. Dan, desain ini berhasil menjadi satu kesatuan yang apik untuk memberikan desain smartphone yang berbeda, unik, dan stylish.

 

THR Cair Saatnya Beli HP Baru, Harga Rp1,4 juta Sudah Dilengkapi AI

Satu peningkatan signifikan yang Realme berikan pada smartphone number series terbarunya kali ini, Realme tak segan untuk memberikan desain smartphone yang ramping dan ringan. Dengan bobot 177g dan ketebalan kurang dari 8mm, Realme 8 digadang akan jadi the best performance stylish phone in mid-range. 

Kamera 
Mengusung konfigurasi quad camera dengan resolusi 64MP, ultra-wide 8MP dengan jangkauan 119 derajat, lensa makro 2MP, lensa potret hitam & putih, serta In-display Selfie Camera beresolusi 16MP, Realme 8 di klaim mampu memberikan hasil foto pada kamera belakang dan kamera depan yang lebih baik.  

Meski tidak mengusung resolusi kamera yang besar layaknya varian Pro, Realme 8 juga dibekali fitur kamera yang tak kalah menarik, seperti Mode Tilt-Shift yang mampu mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur menggunakan ilusi optik mata manusia. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual. Anda dapat dengan mudah memilih dan menyesuaikan efek buram agar sesuai dengan pemandangan yang ada di sekitar. 

Dual-View Video yang memungkinkan Anda kini dapat merekam video dari kamera depan dan belakang secara bersamaan demi menciptakan konten digital yang terkesan fun. Starry Mode generasi kedua yang telah ditingkatkan dan mampu mengurangi noise pada gambar, serta meningkatkan kecerahan juga hadir di Realme 8. Fitur Trendy Potrait yang terdiri dari Neon Potrait, Dynamic Bokeh, AI Color Potrait, dan New AI Potrait. 

Neon Potrait akan membantu Anda untuk meningkatkan efek blur untuk menciptakan hasil foto dengan latar belakang yang lebih halus, sementara Dynamic Bokeh akan membantu Anda menambahkan garis pada bidikan foto untuk membuat tampilan latar belakang yang seakan berjalan. 

Sedangkan untuk perekaman video, smartphone ini dibekali dengan UIS Video Stabilization, UIS Max Video Stabilization, dan Ultra-Wide Angle Video yang akan memudahkan pengguna untuk merekam video dalam format 4K, atau Slow-Mo di berbagai tingkat kecepatan, baik itu 1080p / 120fps maupun 720p / 240fps. 

Layar
Di bagian depan, terbentang layar super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi FHD+ (2400x1080 piksel), screen to body ratio 90.8%, dan punya tingkat kecerahan hingga 1000nits lengkap dengan kecepatan pengambilan sampel hingga 180Hz. Selama kami menggunakannya, kami merasa sangat nyaman menatap layar smartphone ini dalam waktu yang cukup lama, apalagi di bawah teriknya sinar matahari. 

Performa
Usai membahas soal layar, kini saatnya kita membahas soal jeroan dari ponsel ini. Realme 8 ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G95 dengan arsitektur 12nm yang di rancang secara eksklusif untuk memberikan inti pengalaman gaming smartphone yang luar biasa. Chipset ini dilengkapi dengan dua buah core Cortex-A76 yang bisa di pacu hingga kecepatan 2.05Ghz dan enam core Cortex-A55 dengan clock speed hingga 2GHz.

Untuk memberikan tampilan grafis yang lebih mulus, chipset ini telah terintegrasi dengan GPU Mali-G76 900MHz. Untuk memberikan pengalaman smartphone yang tanpa batas, Realme juga menyematkan konfigurasi memori 8/128GB yang masih bisa di perluas hingga 256GB dengan micro SD slot. 

Alih-alih hanya menggunakan prosesor gaming saja, Realme tak lupa untuk menambahkan sistem pendingin Cooper Liquid Cooling System yang bisa menurunkan suhu ponsel 14,4% lebih cepat agar suhu smartphone tetap terjaga.

Menariknya lagi, smartphone Realme 8 Series yang baru diluncurkan ini menggunakan antarmuka Realme UI terbaru, Realme UI 2.0 yang berbasis pada Android 11. Baik Realme 8 maupun Realme 8 Pro menjadi smartphone number series pertama yang akan menggunakan UI terbaru dari Realme, menghadirkan kustomisasi penuh untuk meningkatkan produktivitas dan perlindungan data privasi pengguna secara lebih maksimal. 

Daya Tahan
Untuk mendukung performa dari smartphone ini sendiri, Realme menyematkan baterai masif 5000mAh yang telah mendukung 30W Dart Charge. Fitur ini sanggup mengisi baterai smartphone Realme 8 dari 0-100 persen hanya dalam waktu 65 menit saja. Sementara untuk mengisi 50 persen baterai hanya perlu waktu 26 menitan. 

Berdasarkan hasil uji Lab Realme, Realme 8 sanggup bertahan dalam kondisi stand-by selama 952 jam, menelpon 43 jam, mendengarkan musik 98 jam, menonton YouTube selama 23 jam, dan bermain game seluler sekitar 8 jam. 

Realme 8 juga telah mendukung sertifikasi Hi-Res Audio yang semakin melengkapi pengalaman audiovisual di smartphone ini menjadi lebih mantap lagi, serta fitur NFC multifungsi yang dapat digunakan untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik Anda. 

Kesimpulan
Realme 8 menjadi smartphone mid-range stylish yang bisa Anda lirik. Mengusung Split Design yang memberikan tampilan futuristik dengan bobot yang ringan serta tipis, kamera 64MP dan fitur menyenangkan lainnya yang lengkap, smartphone Realme 8 menjadi smartphone mid-range stylish terbaru dari Realme yang tak boleh Anda lewatkan. 

Bagi yang penasaran, Realme 8 bisa didapatkan mulai 7 April di Shopee http://bit.ly/realme-8-shopee dan situs resmi realme http://bit.ly/realme-8.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya