Nokia X10 dan X20, Serupa tapi Bukan Berarti Kembar

Nokia X20 dan X10.
Sumber :
  • HMD Global

VIVA – HMD Global telah memperbarui seluruh jajaran smartphone dan memutuskan untuk menggunakan tiga seri ponsel, yaitu seri C merupakan perangkat yang paling terjangkau, seri G ada di posisi menengah, dan seri X merupakan seri paling canggih alias mahal. Meski menjadi jajaran paling mahal, harga seri X diklaim masih terjangkau.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Handset yang baru diumumkan ini adalah Nokia X10 dan X20. Berikut adalah perbandingan spesifikasi keduanya seperti dikutip VIVA Tekno dari Gizmochina, Selasa, 13 April 2021:

Rancangan

Wanita Hamil Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading, Ponselnya Hilang

Nokia X10 dan X20 memiliki desain sama yang terdiri dari tampilan punch-hole dengan lubang di sisi tengah. Lalu, sisi belakang terbuat dari material polikarbonat dengan modul kamera melingkar dan lampu kilat LED di sebelah kiri.

Kedua model berbeda dalam varian warna. Nokia X10 mempunyai opsi warna Forest dan Snow, sementara Nokia X20 diluncurkan dalam Midnight Sun dan Nordic Blue.

Anak di Bawah Umur Diduga Dicabuli Saudara di Cengkareng, Begini Modusnya

Keduanya hadir dengan pembaca sidik jari yang dipasang di samping dan berfungsi ganda sebagai tombol daya yang ditempatkan di sisi kanan. Nokia X10 dan X20 cukup berat dan tebal karena memiliki baterai yang besar.

Tampilan

Tidak hanya desain, Nokia X10 dan X20 juga hadir dengan tampilan yang sama. Mereka membawa panel IPS LCD dengan kecerahan 450 nit, bentang layar 6,67 inchi, dan resolusi Full HD Plus dengan 1.080 x 2.400 piksel.

Panel IPS yang terpasang di sana membuat pengguna tidak mendapatkan reproduksi warna yang menakjubkan. Meski begitu, material IPS masih terlihat cukup baik untuk sebuah layar.

Spesifikasi

Nokia X10 dan X20 ditenagai oleh chipset Snapdragon 480 yang mendukung konektivitas 5G. Prosesornya sama tapi konfigurasi memorinya berbeda. Nokia X10 mempunyai tiga konfigurasi memori, yakni RAM 6GB/ROM 64GB, RAM 4GB/ROM 128GB, dan RAM 6GB/ROM 128GB.

Sedangkan Nokia X20 hadir dalam konfigurasi RAM 6GB/ROM 128GB. Konfigurasi yang lebih tinggi yaitu RAM 8GB/ROM 128GB. Kedua ponsel ini diketahui menjalankan sistem operasi Android 11.

Kamera

Perbedaan terpenting antara Nokia X10 dan X20 ada di bagian kamera. Bicara tentang sensor utama dari kamera empat (quad-camera) yang ditempatkan di sisi belakang, Nokia X10 memiliki penembak utama 48 MP yang lebih rendah, sementara Nokia X20 memiliki sensor 64 MP.

Nokia Seri X ini juga menawarkan kualitas foto yang cukup bagus. Tidak hanya untuk sensor namun karena optik Carl Zeiss yang tertanam. Kamera depan Nokia X10 memiliki resolusi kamera selfie 8 MP, sedangkan Nokia X20 hadir dengan resolusi 32 MP.

Baterai

Meskipun bagian kameranya berbeda, tapi lagi-lagi daya baterai keduanya sama, di mana kapasitasnya mencapai 4.470mAh serta mendukung pengisian cepat 18W. Masa pakai baterainya terbilang cukup bagus. Bukan ponsel dengan baterai terbaik, tetapi mereka mampu bertahan lebih dari satu hari untuk penggunaan normal.

Harga

Nokia X10 dibanderol mulai dari US$370 atau Rp5,4 juta untuk varian dasar atau RAM 6GB/ROM 64GB. Sedangkan Nokia X20 mulai dari US$417 atau Rp6,1 juta untuk konfigurasi RAM 6GB/ROM 128GB.

Jika kita hanya mempertimbangkan spesifikasi maka label harganya agak tinggi. Tetapi poin terkuat dari kedua ponsel ini adalah dukungan perangkat lunak. Nokia X10 dan X20 akan mendapatkan pembaruan Android utama, keamanan serta garansi selama tiga tahun.

Tidak seperti ponsel kelas menengah lainnya, Nokia X10 dan X20 juga akan mendapatkan dukungan perangkat lunak yang sebanding dengan ponsel premium yang dirilis oleh merek lainnya seperti Google dan Samsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya