WhatsApp Akan Punya Fitur Hapus Barbuk seperti di Mission Impossible

WhatsApp.
Sumber :
  • Wccftech

VIVA – WAbetainfo mengumumkan bahwa aplikasi pesan instan milik Facebook, WhatsApp, secara resmi menguji fitur yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar dan video menghilang dengan sendirinya di obrolan. Mirip seperi di film Mission Impossible. Berbulan-bulan lamanya informasi ini hanya rumor, namun kini akan menjadi kenyataan.

Anggaran Kurang Jadi Alasan Polisi Kirim Tilang Lewat WA, Sebulan 1 Juta Pelanggaran

Fitur ini pun sangat mirip dengan yang ditawarkan Snapchat. Saat gambar atau video dibuka di perangkat penerima, maka secara otomatis akan menghilang dan hancur sendiri setelah pesan ditutup, seperti dikutip dari laman Express, Jumat, 23 April 2021.

Baca: Kartini Modern Dirikan Startup untuk Memberdayakan Ibu Rumah Tangga

Terpopuler: Harga iPhone di iBox Naik, Modus Peretasan WhatsApp dari Facebook

Opsi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar atau foto serta video secara lebih pribadi. Namun, WhatsApp juga memperingatkan penggunanya bahwa meskipun gambar dan video hanya dapat dilihat sekali namun tidak ada yang bisa menghentikan penerima untuk mengambil tangkapan layar dari apapun yang dikirim.

"Saat Anda mengaktifkan fitur ini maka penerima hanyaa bisa membuka gambar atau video Anda satu kali sebelum menghilang. Perlu diingat bahwa mereka masih dapat mengambil screenshot sebelum barang bukti (barbuk) konten tersebut hilang," demikian keterangan resmi WhatsApp.

Polisi Bongkar Modus Peretasan WhatsApp dari Facebook

Artinya, siapa pun yang berpikir untuk mengirim sesuatu yang dapat mempermalukan mereka di masa depan, maka ada baiknya untuk berhati-hati sebelum menekan tombol kirim pesan.

Dengan pemikiran gambar atau video akan menghilang maka akan mudah untuk melihat bagaimana pengguna tergoda untuk mengirim foto yang lebih sensitif atau eksplisit ke platform, dan hal itu bisa menjadi masalah jika disimpan oleh siapa pun yang menerimanya.

Sebelumnya, Snapchat telah mengatasi masalah ini dengan mengirim peringatan ke pengirim pesan jika penerima mengambil tangkapan layar atas pesan tersebut. Belum diketahui apakah WhatsApp akan mengikuti perlindungan serupa untuk pengguna.

Menurut WAbetainfo, fitur pesan perusak ini masih dalam pengembangan tapi sekarang didorong ke tahap uji coba beta. Fitur ini berpotensi diluncurkan lebih cepat untuk semua pengguna.

WhatsApp juga akan mempermudah transisi penggunaan aplikasi dari iOS ke Android. Apa yang dilakukan WhatsApp ini sudah lebih dahulu dilakukan oleh rivalnya, Telegram dan Signal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya