Samsung Galaxy S20 FE vs Poco F3, Duel Pembunuh Sejati

Poco F3 vs Samsung Galaxy S20 FE.
Sumber :
  • Gizmochina

VIVA – Samsung Galaxy S20 FE resmi dirilis tahun lalu. Ponsel ini merupakan segmen pembunuh andalan milik raksasa teknologi Korea Selatan. Adapun kode FE adalah singkatan dari Fan Edition.

Xiaomi Umumkan Duo Poco

Ponsel anyar ini menyediakan hardware atau perangkat keras kelas unggulan dengan harga sederhana, serta spesifikasi lain yang biasanya hanya dapat ditemukan di flagship papan atas atau premium.

Selain Samsung Galaxy S20 FE, muncul rival pembunuh lainnya dari China, Xiaomi, dengan sub-brand Poco F3 yang resmi meluncur dengan Qualcomm Snapdragon 870, prosesor baru dari varian 4G. Nah, kita simak perbandingan kedua perangkat ini, manakah yang lebih unggul, seperti dikutip dari situs Gizmochina, Jumat, 14 Mei 2021:

Samsung Galaxy S20 Varian Baru akan Hadir di Indonesia

Rancangan

Kedua ponsel pintar ini tidak punya desain dan kualitas unggul, tapi setidaknya, ada di atas rata-rata. Namun, Samsung Galaxy S20 FE memiliki ketahanan air dengan sertifikasi IP68 dan mempunyai bingkai alumunium yang kokoh. Sedangkan, Poco F3 memiliki bagian belakang kaca meski tidak kedap air.

Review Samsung Galaxy S20 FE: Ponsel Mewah Edisi Murah

Tapi, jangan khawatir. Poco F3 masih menawarkan perlindungan terhadap air dan debu dengan sertifikasi IP53. Kendati ponsel ini memiliki pembaca sidik jari yang dipasang di samping, namun lebih tipis dari Samsung Galaxy S20 FE yang memiliki pemindai sidik jari dalam layar dan bodi yang lebih kompak.

Tampilan

Keduanya mempunyai kemiripan dalam hal spesifikasi layar yang menampilkan panel AMOLED dengan kecepatan refresh 120 Hz, resolusi Full HD Plus, dan sertifikasi HDR10 Plus, serta kecerahan puncak yang tinggi.

Tampilan di atas dapat memberikan kualitas gambar yang bagus dan pengalaman menonton yang mulus. Perbedaan penting nyata antara panel-panel ini adalah bentang layar Poco F3 6,67 inchi, sementara Samsung Galaxy S20 FE 6,5 inchi.

Spesifikasi

Poco F3 adalah handset yang jauh lebih baik jika berbicara soal hardware atau perangkat keras. Ponsel ini hadir dengan chipset yang lebih kuat, Snapdragon 870, yang levelnya berada di antara Snapdragon 865 Plus dan Snapdragon 888. Prosesor tersebut ditandem dengan RAM hingga 8GB dan ROM atau penyimpanan UFS 3.1 hingga 256GB.

Samsung Galaxy S20 FE tidak mendukung konektivitas 5G, sedangkan Poco F3 sudah ada. Di sisi lain, Samsung Galaxy S20 FE 4G memiliki slot micro SD, sementara Poco F3 tidak memiliki penyimpanan yang dapat ditingkatkan atau upgrade.

Kamera

Untuk yang satu ini, Samsung Galaxy S20 FE ada di barisan terdepan. Ponsel ini memiliki pengaturan kamera kelas atas dengan kamera utama 12MP, sensor telefoto 8MP dengan 3 kali zoom optik, kamera ultrawide 12MP, dan dual OIS.

Bahkan, kamera depannya punya resolusi 32MP, lebih bagus dari Poco F3 yang hanya 20MP. Selain itu, Poco F3 hanya memiliki fitur tiga kamera kelas menengah dengan sensor utama 48MP.

Baterai

Keduanya memiliki kapasitas dan daya tahan baterai yang sama. Hal ini mengingat komponennya yang tidak begitu berbeda. Poco F3 memiliki kecepatan pengisian yang lebih cepat berkat daya 33W, sementara Samsung Galaxy S20 FE menawarkan fast charging 25W dan fast wireless charging 15W.

Harga

Di Tanah Air, Poco F3 varian RAM 6GB/ROM 128GB yang dibanderol Rp5 juta, serta RAM 8GB/ROM 256GB senilai Rp5,5 juta. Sementara Samsung Galaxy S20 FE dibanderol Rp9 jutaan. Jadi, kamu pilih yang mana?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya