iPhone 13 Diadu Sama iPhone 12

iPhone 12 vs iPhone 13 (ilustrasi).
Sumber :
  • GSMArena.com

VIVA – Desas-desus iPhone 13 mulai berhembus yang kemungkinan akan dirilis pada September 2021. Ponsel pintar keluaran Apple selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya oleh penggemar, baik dari segi desain maupun peningkatan teknologi yang dibawa.

Kisah Inspiratif Dhani, Dari Game Online Hingga Jadi Sensasi di TikTok

Berikut adalah semua rumor tentang spesifikasi iPhone 13, dan bagaimana jika dibandingkan dengan iPhone 12. Perlu diketahui bahwa tidak ada spesifikasi dan harga iPhone 13 yang dikonfirmasi resmi oleh Apple, menurut laman CNET, Sabtu, 15 Mei 2021:

Empat model

Investasi Rp 1,6 Triliun, Apple Bakal Bangun Developer Academy di 4 Wilayah RI

Seperti iPhone 12, menurut analis Ming-Chi Kuo, iPhone 13 akan hadir dalam empat model yang terdiri dari iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Kamera

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Rangkaian kamera iPhone 12 mencakup kamera biasa, ultrawide, dan selfie. Terdapat fitur foto mode malam di semua kamera, mode HDR yang ditingkatkan, lensa telefoto (pada model Pro dan Pro Max), dan zoom 2,5x pada Pro Max. Seperti yang biasanya terjadi pada iPhone baru, kamera iPhone 13 akan ditingkatkan dari iPhone 12.

Desas-desus yang muncul adalah tentang kamera periskop yang ditambahkan untuk meningkatkan zoom, lensa ultrawide angle yang ditingkatkan untuk fotografi mode malam, dan teknologi lidar untuk semua model. Jadi, bukan hanya pada tipe Pro dan Pro Max di iPhone 12.

Touch ID

iPhone 13 berpotensi menghadirkan kembali Touch ID untuk pertama kalinya sejak iPhone 8. Perbedaan besarnya adalah fitur ini akan disematkan di bawah layar, bukan sebagai tombol terpisah yang menempati ruang ponsel.

Harga

iPhone 13 diharapkan tidak memiliki peningkatan yang signifikan karena iPhone 12 menjadi perangkat pertama yang membawa jaringan 5G. Oleh sebab itu, Ming dan sejumlah analis lain memperkirakan iPhone 13 akan memiliki harga yang mirip dengan iPhone 12, di mana versi dasarnya mulai dari US$799 atau Rp11 jutaan.

Opsi lainnya adalah Apple kemungkinan akan menurunkan harga iPhone 13, seperti yang dilakukan Samsung Galaxy S20 FE dan Google Pixel 5 pada 2020. Samsung Galaxy S21 yang baru dirilis juga menawarkan label 'harga murah', yakni mulai dari US$200 atau Rp2,8 juta lebih rendah dari pendahulunya.

Refresh rate

Sebagian besar ponsel, termasuk iPhone 12 mempunyai refresh rate atau kecepatan respons pada layar ponsel 60 bingkai per detik atau 60Hz. Tetapi beberapa perangkat seperti Samsung Galaxy S21 dan OnePlus 8 Pro diperbarui hingga 120Hz.

Ada spekulasi bahwa layar iPhone 13 akan memiliki kecepatan refresh 120Hz. Semakin tinggi refresh rate, maka semakin cepat dan lancar ponsel saat menggulir aplikasi dan situs web. Meskipun rumor ini juga pernah menerpa iPhone 12, namun isu kali ini tampaknya sangat mungkin terjadi.

Port Lightning

Apple telah memperkenalkan kemampuan pengisian daya atau charging dengan teknologi MagSafe. Ming juga memprediksi bahwa model iPhone 13 masih akan menyertakan Port Lightning, kecuali iPhone 13 Pro Max, yang bisa sepenuhnya tanpa alat tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya