5G Masuk Indonesia, Ini Deretan Ponsel Unggulan untuk Pengguna

Teknologi 5G.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jaringan generasi kelima atau 5G resmi masuk Indonesia dengan Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menerapkannya. Namun, jaringan ini baru tersedia di beberapa lokasi saja, bertahap untuk bisa menyebar ke seluruh wilayah.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Sambil menunggu penerus jaringan 4G ini hadir di wilayah Anda, mengutip dari situs Techradar, Senin, 7 Juni 2021, berikut adalah daftar ponsel 5G terbaik yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk konsumen yang lagi mencari perangkat generasi kelima tersebut.

Samsung Galaxy S21 Ultra

Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan

Ponsel ini berada di puncak daftar ponsel 5G terbaik dengan banderol harga yang tidak murah. Di Indonesia harganya mulai dari Rp19 juta. Membayar dengan harga mahal, spesifikasi yang didapat tentu tidak mengecewakan.

Sebut saja layar AMOLED melengkung 1.440 x 3.200 piksel, bentang layar 6,8 inchi dengan kecepatan refresh 120Hz. Lalu, chipset kelas atas, RAM 16GB, dan quad lens camera dengan susuanan kamera utama 108MP, kamera ultra wide 12MP, dan sepasang lensa telefoto 10MP yang memungkinkan zoom optik hingga 10 kali.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

iPhone 12 Pro Max

Ponsel besutan Apple ini masuk kategori layar terbaik, karena memiliki layar OLED 6,7 inchi yang besar, kontras luar biasa, dan visual yang tajam. Harganya dibanderol mulai dari Rp19 jutaan.

iPhone 12 Pro Max juga memiliki daya tahan baterai yang lebih baik daripada pendahulunya. Perpaduan layar dan baterai ini bisa digunakan untuk kebutuhan hiburan, khususnya di rumah. Kehadiran 5G juga bisa membuat pengunduhan film saat bepergian menjadi sangat mudah.

iPhone 12 Mini

Ukurannya paling kecil di jajaran iPhone 12. Ponsel ini mempunyai layar 5,4 inchi yang relatif kecil, mudah dibawa-bawa, serta pas di saku atau tangan. Ponsel ini mendapatkan sebagian besar spesifikasinya dari iPhone 12, termasuk prosesor, kamera, teknologi 5G, dan MagSafe. Harganya Rp13 jutaan.

Tapi desain mungil itu menghadirkan beberapa masalah. Seperti masa pakai baterai yang tidak bagus dan pengisian daya nirkabel mempunyai sentuhan yang lambat. Namun, secara keseluruhan, jika Anda mencari ponsel 5G dengan ukuran kecil, iPhone 12 Mini jadi rekomendasi.

Oppo Find X2 Lite

Perangkat yang bergaya dan terjangkau ini hanya dibanderol seharga Rp8,5 juta. Sayangnya, ponsel ini tidak tersedia di semua wilayah, termasuk AS. Meski dibanderol dengan harga rendah tapi bukan berarti murahan. Oppo Find X2 Lite memiliki spesifikasi yang baik dengan chipset bagus, kamera belakang kuat, serta beberapa perangkat lunak dengan tampilan terbaik.

OnePlus 9 Pro

Ponsel keluaran OnePlus terbaru ini digadang-gadang jadi yang terbaik. Selain menawarkan konektivitas 5G yang sangat penting, OnePlus 9 Pro adalah ponsel kamera terbaik berkat lensa ultra wide 'freeform' yang dirancang untuk mengurangi distorsi pada tepi gambar ditambah kemitraan dengan Hasselblad.

Pada bagian lainnya terdapat spesifikasi kelas atas berupa prosesor Snapdragon 888, RAM 12GB, dan layar AMOLED 6,7 inchi 1.440 x 3.216 piksel dengan kecepatan refresh 120Hz. Dukungan HDR 10 Plus membuat visual juga terlihat lebih fantastis. Pengisian cepat 65W dan pengisian nirkabel 50W menambah kecanggihan ponsel tersebut.

Motorola One 5G

Ponsel ini memiliki nama yang berbeda di setiap wilayah. Di Amerika Serikat (AS) disebut Motorola One 5G. Sedangkan negara lain seperti Inggris dinamakan Moto G 5G Plus. Ponsel pintar ini adalah ponsel 5G terjangkau yang terbaik.

Motorola One 5G adalah ponsel besar dengan layar 6,7 inchi dan sensor sidik jari yang dipasang di samping. Prosesor, kemampuan kamera, dan layarnya mempunyai spesifikasi terbaik. Harganya cuma US$399 atau Rp5,6 juta.

Lenovo Legion Phone Duel

Ponsel 5G ini menjadi andalan untuk bermain game online dengan prosesor terbaik, RAM jumbo, side trigger, dan mode permainan khusus. Dengan begitu, Lenovo Legion Phone Duel akan cocok digunakan gamer mobile profesional.

Di luar game online, Lenovo Legion Phone Duel mempunyai pengisian daya 90W yang sangat cepat, kamera pop-up untuk selfie, perangkat lunak yang bekerja dengan baik secara horizontal, serta perangkat lunak yang bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya