Bank Digital Tebar Gimmick untuk Gaet Nasabah

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Sumber :
  • Analytics Insight

VIVA – Motion Banking milik PT Bank MNC Internasional Tbk atau MNC Bank segera mengotomatisasikan proses verifikasi calon nasabah. Dengan begitu, calon nasabah hanya perlu mengisi data pribadi dan melakukan selfie dengan e-KTP atau e-KYC (Electronic Know Your Customer) tanpa perlu video call dengan agen KYC Motion Banking.

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Proses pembukaan rekening tabungan secara online atau digital onboarding menjadi lebih cepat, mudah, dan seamless, yang tentunya memberikan kenyamanan lebih kepada para calon nasabah.

Motion Banking juga telah bekerja sama dengan Kredit Pintar dan Oriente (Finmas) untuk penyediaan pinjaman, fitur cicilan atau paylater, co-branding kartu kredit, kolaborasi dalam pemasaran dan layanan, penyaluran pinjaman melalui platform P2P lending.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

“Langkah ini merupakan upaya kami dalam mengutamakan kecepatan dan kenyamanan para calon nasabah sekaligus untuk melakukan sebanyak-banyaknya user acquisition Motion Banking dalam waktu singkat," kata COO Motion Banking, Teddy Tee, Senin, 21 Juni 2021.

Alibaba Cloud Diskon Harga

Dengan fully biometric digital onboarding, ia optimistis akan bisa meningkatkan pengguna Motion Banking berlipat ganda. Teddy juga memastikan berbagai upaya yang ditempuh Motion Banking tetap tidak melalaikan pentingnya keamanan dan kerahasiaan data nasabah, di mana hal tersebut sangat dijunjung tinggi oleh MNC Bank.

"Tidak lama lagi kami juga akan segera meluncurkan fitur pengajuan pinjaman secara online. Dengan teknologi credit scoring berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), pengguna Motion Banking dapat mengajukan kartu kredit virtual dan fisik secara online dengan persetujuan sangat cepat," tuturnya.

Kehadiran bank digital tidak bisa dielakkan. Meski begitu, kelahiran bank jenis baru ini tidak serta merta harus diikuti dengan musnahnya layanan bank konvensional.

Keduanya harus berjalan beriringan demi manfaat besar untuk masyarakat. Dalam melayani masyarakat atau nasabah, bank konvensional kerap menghadapi dua tantangan, yakni biaya dan risiko operasional yang tinggi. Namun, kedua tantangan tersebut bisa diatasi dengan adanya bank digital.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya