Instagram Reels Sudah Ada di Indonesia, Produk Jiplakan TikTok

Instagram Reels.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Instagram Reels sudah ada di Indonesia. Salah satu anak usaha Facebook itu dituding menjiplak produk yang serupa dengan TikTok, yaitu fitur video pendek yang bisa menambahkan audio dan musik di dalam konten. Sebelumnya, Instagram Music juga sudah bisa dinikmati oleh pengguna Tanah Air.

Inspiratif, Kisah Pasangan Suami Istri Pengusaha yang Sukses dari TikTok

Menurut Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian Sutiono, Instagram selalu berupaya untuk mendengarkan aspirasi pengguna, khususnya para pembuat konten (content creator).

Berangkat dari sini, Instagram banyak mendengar masukan bahwa pengguna menginginkan sebuah pengalaman membuat dan menonton video berdurasi pendek yang menghibur.

Bertemu di Istana, Bos GOTO Dapat Pesan Khusus dari Jokowi

"Baik content creator yang memiliki minat untuk berbagi maupun seorang pemilik bisnis yang memiliki sebuah cerita untuk dibagikan. Instagram Reels membantu mendorong kreativitas dan membantu mereka menjangkau audiens baru pada skala global," kata Pieter, Rabu, 23 Juni 2021.

Dengan Instagram Reels, pengguna Indonesia menemukan, menonton, dan terhubung dengan lebih dari 1 miliar pengguna Instagram secara global melalui Explore. Fitur ini juga akan menjangkau audiens baru di panggung internasional.

Pemerintah Diminta Tegas Lindungi UMKM RI dari Ancaman Tiktok Shop

Fitur ini bisa ditemukan di halaman Explore dan dapat dibagikan melalui berbagai fitur lainnya di Instagram seperti Feed, Stories, Close Friends, maupun dikirimkan secara privat melalui Direct Message (DM).

Beberapa fitur pelengkap yang ada di Instagram Reels adalah Remix, yang mengizinkan pengguna membuat video versi mereka dan menyatukannya dengan versi original. Selain itu, pengguna juga bisa membuat kreasi video kolaborasi, membagikan reaksi wajah, menambahkan perspektif, serta jenis konten-konten lainnya.

Photo :
  • Instagram/@xemmaaaaa.artx

Selanjutnya Voiceover, yang memungkinkan pengguna menambahkan suara mereka dan Mixed Audio atau menambahkan suara disertai lagu latar belakang. Lalu, Tab Instagram Reels bisa digunakan untuk para content creator membagikan video dan memudahkan audiens global menemukan konten mereka.

Kemudian, pengguna juga bisa menyimpan suara di fitur Editing atau Share Audio Pages agar pengguna dapat membagikan konten yang menggunakan bagian spesifik dari sebuah lagu melalui DM dan Audio Browser untuk menemukan musik dari Tab For You dan Trending.

Terdapat juga efek augmented reality (AR) untuk menyempurnakan karya pengguna. Mereka bisa menggunakan filter dari Instagram atau mencari filter favorit di tab 'Cari Efek'.

Durasi video di Instagram Reels juga diperpanjang hingga 30 detik, menambahkan pengaturan timer hingga 10 detik, dan memiliki kemampuan memotong atau mengedit klip video. Untuk membuat Instagram Reels, langkah pertama bisa pergi ke profil, klik ikon + di kanan atas, lalu pilih Reels.

Di sana sudah tersedia tools untuk mempercantik konten seperti Audio, Durasi, Kecepatan, Efek, Sempurnakan Riasan, serta Tata Letak Video. Jika sudah melakukan proses editing bisa melihat hasil konten dengan mengetuk Cuplikan. Kemudian, hasil video bisa dibagikan di Instagram Reels atau Stories.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya