Nintendo Tanamkan 3D di Konsol Handheld DS

VIVAnews - Nintendo mengumumkan rencanannya untuk mengeluarkan versi terbaru konsol game handheld DS yang menawarkan fitur 3D (tiga dimensi).

Konsol baru yang akan dinamakan 3DS itu akan menjadi pengganti generasi DS dan DSi bakal memanjakan pengalaman visual penggunanya, tanpa perlu mengenakan kacamata 3D.

Viral Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Ini Kata Bea Cukai

Beberapa perangkat memang sudah mulai beralih ke layar 3D. Bulan lalu Samsung telah merilis TV 3D dengan banderol harga mulai dari US$1700. Panasonic, dan Sony juga tak mau kalah, berjanji merilis TV 3D pada akhir tahun ini. Bahkan, Sony juga berjanji membawa teknologi 3D ini ke game-game di konsol PlayStation 3.

Rencananya peranti portabel ini bakal dipamerkan oleh Nintendo di ajang pameran game E3 2010, yang akan digelar di Los Angeles AS pada Juni mendatang. Tapi konsol ini sendiri diperkirakan baru bakal meluncur di pasaran pada Maret tahun depan.

"Kami ingin memberikan sesuatu yang baru dari Nintendo bagi industri game, pada ajang E3, dan kami mengundang orang-orang untuk memainkan perangkat-perangkat baru kami di sana," ujar Ken Toyoda kepada New York Times.

PKS Hormati Putusan MK: Selamat Bertugas Prabowo-Gibran

Menurut blog teknologi Engadget yang mengutip laporan tak resmi dari media JepangĀ  Nikkei, 3DS akan dilengkapi dengan fungsi getar atau vibrasi, serta stick kontroler 3D, serta layar LCD berteknologi parallax barrier.

Layar parallax barrier adalah teknologi yang juga digunakan pada TV LCD Sharp yang memungkinkan para penonton TV menikmati aneka tayangan melalui satu perangkat TV yang sama, berdasarkan sudut penglihatan yang beda. Dalam hal ini, layar 3DS nanti juga akan disuplai oleh Sharp dan Hitachi.

TV LCD Sharp yang mengadopsi teknologi parallax barrier

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan


Nintendo DS sendiri merupakan konsol game handheld yang berkompetisi dengan Sony PlayStation Portable. Dengan menampilkan berbagai game seperti Super Mario dan Pokemon, konsol ini telah terjual hingga 125 juta sejak diperkenalkan pertama kali pada 2004.

Jumlah penjualan ini sekitar dua kali lipat melebihi unit PSP yang telah Sony kapalkan selama ini. Namun, belakangan Nintendo mengalami tekanan dari sisi lain, dengan kehadiran iPhone dan iPod Touch sebagai kompetitor baru, yang muncul sebagai sistem game mobile.

Kemudahan mengunduh game-game melalui APp Store serta keunggulan iPhone dan iPod Touch sebagai perangkat multifungsi, membuat Nintendo perlu membuat terobosan sistem game yang baru untuk bisa terus bertahan.

Ilustrasi oknum polisi.

Terkuak, Alasan Satu Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok Dibebaskan

Sebanyak 5 polisi sebelumnya diamankan karena diduga terlibat pesta narkoba di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024