Orang Indonesia Rela Habiskan 5 Jam per Hari di Depan Ponsel

Pengendara ojol bermain ponsel.
Sumber :
  • Instagram @newdramaojol.id

VIVA – Sejak pandemi COVID-19 merusak seluruh aktivitas warga dunia, ponsel menjadi lebih masif digunakan daripada sebelumnya. Data dari App Annie yang dikutip pada Senin, 26 Juli 2021, mengungkapkan bahwa waktu yang dihabiskan warga di aplikasi Android pada Q2 2021 masih meningkat secara signifikan pada angka pra-lockdown, yakni Q2 2019.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Indonesia menempati posisi kedua di mana masyarakat menghabiskan lebih dari 5 jam sehari di aplikasi mobile, naik 35 persen dalam dua tahun. Posisi pertama ditempati Brasil yang melonjak 30 persen dari Q2 2019 ke Q2 2021.

Akibatnya, pasar aplikasi global kembali memecahkan rekor pembelanjaan sepanjang masa. Nilainya saat ini mencapai US$34 miliar. Total Q2 adalah sekitar US$7 miliar, naik dari total Q1 2021 sebesar US$2 miliar.

Kisah Inspiratif Dhani, Dari Game Online Hingga Jadi Sensasi di TikTok

Dalam hal pertumbuhan terbesarnya, pasar yang menonjol adalah Rusia dan Turki. Orang Rusia menghabiskan 45 persen lebih banyak waktu di aplikasi daripada yang mereka lakukan di Q2 2019. Kenaikannya sebesar 40 persen.

Aplikasi baru paling populer di seluruh wilayah Asia Pasifik terdiri dari beragam koleksi seperti Google Classroom, Fast Cleaner, pengiriman makanan McDonald's untuk China dan berita SmartNews.

Biadab! Anak Durhaka di Cengkareng Ini Tega Bacok Ibu Kandungnya gegara Ponsel

Sementara pengguna Jepang berbondong-bondong mengunduh aplikasi Kantan Netprint, aplikasi yang memudahkan untuk mencetak atau membuat PDF file seluler. Sedangkan konsumen Korea Selatan memanfaatkan Gong Cha, yakni aplikasi resmi dari waralaba minuman teh yang tengah berkembang pesat.

Konsumen Amerika Serikat (AS) banyak melakukan pengunduhan aplikasi sosial, pendidikan, dan foto serta video di Droves, berkontribusi pada waktu harian yang dibelanjakan, meningkat 20 persen dari waktu pra-pandemi. Pada Q2 2021, konsumen AS menaikkan jam harian mereka menjadi hanya di bawah 4 jam penggunaan aplikasi, meningkat 20 persen dibandingkan Q2 2019.

Apple.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Penjualan iPhone telah hancur turun 10%, Apple Inc. (NASDAQ: AAPL) kehilangan posisi nomor satu dalam pengiriman ponsel pintar global pada kuartal pertama.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024