Ada Kabar Tidak Sedap untuk Pengguna Android

Logo Android.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kabar tidak sedap untuk pemilik smartphone atau ponsel pintar yang masih menggunakan Android Gingerbread atau versi lebih jadul. Sebab, ponsel-ponsel ini tidak akan bisa dipakai untuk login ke akun dan layanan Google mulai 27 September 2021.

Terkuak Ponsel Jadul yang Dipakai Duta Sheila On 7, Warganet: Sesederhana Ini Ya

Hal ini diumumkan langsung oleh Google lewat email yang dikirimkan ke pengguna yang masih menjalankan Android 2.3.7 (versi terakhir Gingerbread) dan versi lebih rendah. Itu mencakup Android 1.0, 1.1, 1.5 Cupcake, 1.6 Donut, 2.0 Eclair, 2.2 Froyo, dan 2.3 Gingerbread.

"Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menjaga keamanan pengguna, Google tidak akan lagi mengizinkan sign-in di perangkat Android yang menjalankan Android 2.3.7 atau lebih rendah tanggal 27 September 2021," demikian keterangan resmi Google, seperti dikutip dari Android Police, Senin, 2 Agustus 2021.

Ponsel Jadul Nokia Diproduksi di Indonesia

Setelah peraturan ini berlaku, pengguna yang masih menjalankan Android jadul tersebut tidak akan bisa login ke layanan Google seperti Gmail, YouTube, dan Maps. Tapi layanan tersebut tetap bisa diakses lewat mobile web asalkan pengguna sudah login ke browser di ponsel.

"Jika Anda login ke perangkat setelah 27 September, Anda mungkin mendapatkan peringatan username atau password error ketika mencoba menggunakan produk dan layanan seperti Gmail, YouTube dan Maps," ungkap Google.

Realme 'Hidupkan' HP Jadul, Harganya Rp300 Ribu

Lebih lanjut, pengguna Android yang terdampak kebijakan ini akan menerima peringatan username atau password error saat mencoba untuk:

Menambahkan atau membuat akun Google baru,
Melakukan factory reset dan mencoba login,
Mengubah password akun Google, yang akan mengeluarkan akun di semua perangkat, dan mencoba login kembali,
Menghapus akun dari perangkat dan mencoba menambahkan kembali.

Kebijakan baru ini seharusnya tidak mempengaruhi banyak pengguna Android, mengingat Gingerbread dan versi sebelumnya dirilis lebih dari 10 tahun yang lalu dan saat ini penggunanya hanya sedikit.

Tapi, pengguna yang masih menjalankan Android Gingerbread atau versi sebelumnya disarankan untuk upgrade ke Android 3.0 Honeycomb jika masih ingin menggunakan ponsel Android lawas.

Google telah menghentikan dukungan update sistem operasi dan Play Store untuk Android Gingerbread sejak beberapa tahun yang lalu. Tapi kebijakan baru ini benar-benar menghilangkan fungsi dasar di ponsel Android jadul Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya