Satu-persatu Wujud iPhone 13 Terbongkar

iPhone 13.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Apple rutin mengadakan hajatan besar pada September setiap tahunnya. Mereka akan merilis ponsel terpopuler di dunia, iPhone. Meski tahun lalu acara peluncuran terlambat gara-gara pandemi COVID-19, maka tahun ini Apple diharapkan bisa melaksanakannya tepat waktu.

Apple Luncurkan iPad Pro Pakai Chipset M4, Segini Harganya

Penamaan

Masih belum jelas apakah iPhone tahun ini akan menjadi iPhone 12s atau iPhone 13, karena Apple kerap menyembunyikan nama pemasaran ponsel yang akan datang hingga menit-menit terakhir. Satu laporan mengatakan bahwa iPhone 2021 akan disebut sebagai iPhone 13, nama penerus dari generasi sebelumnya.

Jokowi Semringah Resmikan Balai Terbesar se-Asia Tenggara di Depok

Desain

iPhone 13 dan iPhone 13 Pro diharapkan memiliki kemiripan dengan iPhone 12 dan iPhone 12 Pro pada bentuknya. Sementara iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max, diharapkan menampilkan dimensi yang sama dengan pendahulunya tetapi sedikit lebih tebal.

Hadirkan Solusi Transaksi Internasional, Bank Mandiri Kenalkan Keandalan Livin’ di London

iPhone 13 akan menampilkan tepi yang datar, sementara laporan lain menyarankan perangkat menampilkan penampakan belakang yang matte agar nyaman saat digenggam. Pulau kamera juga diharapkan menjadi lebih besar untuk mengakomodasi beberapa peningkatan penting pada perangkat keras kamera.

Satu hal yang Apple mulai lakukan setiap tahun adalah memperkenalkan warna iPhone baru. Sebuah laporan menyebut bahwa iPhone 13 Pro akan tersedia dalam warna hitam matte. Warna ini kabarnya akan menggantikan warna grafit dan menjadi jauh lebih gelap, mendekati hitam daripada abu-abu.

Mengingat faktor bentuk tidak berubah untuk tahun ini, iPhone 13 diharapkan tersedia dalam tiga ukuran layar yang sama dengan iPhone 12. Yang paling diharapkan adalah perubahan pada teknologi tampilan yang digunakan di iPhone 13 Pro.

Satu diharapkan datang dengan layar OLED 5,4 inci, OLED 6,1 inchi serta layar ProMotion 120Hz. Satu model iPhone 2021 diharapkan datang qqdengan layar OLED 6,7 inchi dan layar ProMotion 120Hz, seperti dikutip dari laman 9To5Mac, Senin, 9 Agustus 2021.

iPhone 13 Pro kemungkinan akan menggunakan teknologi layar LTPO baru, yang memungkinkan Apple menurunkan penggunaan daya layar. Apple sudah menggunakan teknologi ini di Apple Watch, dan diharapkan hadir di iPhone 13 Pro untuk mengaktifkan tampilan ProMotion. Ini akan mengaktifkan kecepatan refresh hingga 120Hz, mirip kemampuan di iPad Pro.

iPhone 13 Pro juga kemungkinan akan menampilkan layar yang selalu aktif, mirip dengan Apple Watch Series 4. Laporan lain menjelaskan bahwa layar selalu aktif akan menampilkan widget jam dan baterai yang selalu terlihat. Dilaporkan juga akan ada area notifikasi yang menyala ketika notifikasi baru diterima.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini juga diperkirakan akan mengurangi potongan notch atau poninya. Laporan telah menunjukkan bahwa poni iPhone 13 dan iPhone 13 Pro bisa mendapatkan pengurangan ukuran sekitar 30 persen, bahkan lebih.

Kamera

Beberapa rumor mengindikasikan bahwa Apple akan memperluas pemindai LiDAR-nya ke iPhone 13 mini dan iPhone 13. Tapi rumor terbaru mengatakan bahwa iPhone 13 akan mempertahankan pemindai LiDAR eksklusif untuk model Pro dan Pro Max.

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max juga diharapkan memiliki fitur kamera ultra wide yang ditingkatkan, mulai dari 5P (f/2.4), fokus tetap (FF) hingga 6P (f/1.8) dan fokus otomatis (AF). Ini akan membawa peningkatan penting pada kamera ultra wide yang sudah sangat tertinggal.

Model iPhone 13 Pro dikabarkan akan menambahkan fitur yang sama, yang juga eksklusif untuk iPhone 12 Pro Max pada tahun lalu, yang akan mencakup lensa lebar dengan stabilisasi sensor-shift. Tahun lalu, Apple menyertakan stabilisasi yang lebih baik dan zoom optik 2,5x hanya pada iPhone 12 Pro Max.

Apple juga dilaporkan menambahkan fitur astrofotografi baru untuk meningkatkan foto langit malam. Jika fitur ini membuahkan hasil, iPhone dapat mendeteksi bulan atau bintang, kemudian menggunakan waktu pencahayaan yang lebih lama dan pemrosesan internal yang lebih banyak untuk menyempurnakan gambar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya