Jalur Khusus Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 dengan WhatsApp

Samsung Galaxy Z Flip.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Ponsel lipat generasi terbaru Samsung, Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3, resmi menyapa konsumen Indonesia pada Kamis hari ini, 9 September 2021. Kamu harus tahu, ada kelebihan satu dari ponsel lipat besutan raksasa teknologi Korea Selatan tersebut.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Yaitu, bahwa Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 merupakan ponsel pertama Android yang memiliki kemampuan transfer data WhatsApp dari iOS milik Apple. Hal ini berguna bagi konsumen yang mau berganti ponsel dari iPhone ke dua perangkat premium Samsung itu.

Sebelumnya, perpindahan atau transfer data antar sistem operasi ini membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang belum diketahui keamanan serta keefektifannya. Nah, adanya fitur resmi dari WhatsApp itu maka pengguna tidak perlu khawatir lagi dan dibuat repot.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Perlu diketahui pula bahwa sebelumnya riwayat obrolan WhatsApp yang mencakup foto, video, serta suara untuk pengguna Android tersimpan di Google Drive, sedangkan pengguna iOS tersimpan pada iCloud. Pengguna hanya bisa mentransfer obrolan antar ponsel yang menjalankan sistem operasi yang sama.

Fitur baru ini juga mampu mentransfer riwayat obrolan menggunakan kabel fisik Lightning ke USB-C. Ponsel Android harus sudah memiliki fitur SmartSwitch dan WhatsApp versi terbaru agar fitur dapat berfungsi. Adapun iPhone harus menjalankan iOS 10 atau di atasnya.

Mantan Ajudan SYL Ungkap Ada Pesan WA dari Firli ke SYL, Tapi Langsung Dihapus

Jadi, apabila pengguna ingin mengganti smartphone dari iPhone ke Samsung Galaxy Z Fold3 ataupun Z Flip3, bisa langsung memanfaatkan fitur ini supaya data-data di WhatsApp pada iPhone sebelumnya bisa dipulihkan di dua ponsel lipat terbaru milik Samsung tersebut. Setelah Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, fitur ini akan tersedia di semua ponsel Android.

"Kami sangat senang dapat meluncurkan fitur untuk memindahkan riwayat WhatsApp dari iOS ke Android. Untuk tahap awal, fitur ini tersedia tidak hanya pada Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, tapi semua perangkat Samsung yang menjalankan OS Android 10 atau lebih tinggi. Baru kemudian ke semua ponsel Android," papar Kepala WhatsApp dan Facebook Will Cathcart.

Ia juga pernah bilang jika salah satu fitur yang paling banyak diminta pengguna adalah bisa mentransfer riwayat obrolan dari satu sistem operasi ke sistem operasi lainnya ketika mengganti smartphone.

"Kami terus bekerja keras dengan sistem operasi dan produsen perangkat (ponsel) untuk membangun (koneksi) dengan cara yang aman dan andal. Nah, fitur ini dimulai dari perangkat @SamsungMobile, yang bisa transfer riwayat obrolan dari ponsel iOS ke Android," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya