Kamu Cocok Pakai yang Mana, iOS atau Android?

iOS vs Android.
Sumber :
  • App Samurai

VIVA – Di muka Bumi ini hanya ada dua sistem operasi atau OS yang populer, Android dan iOS. Tentu saja keduanya memiliki perbedaan.

Realisasi Penyaluran Bansos oleh Pos Indonesia Kuartal I-2024 Capai 60.562 KPM

Tinggal pilih saja software atau perangkat lunak mana yang sesuai untuk kebutuhan. Jika Android, maka pilihan ponselnya lebih beragam. Berbeda dengan iOS yang hanya hadir untuk ponsel iPhone.

Melansir dari situs Tech Times, Sabtu, 11 September 2021, berikut pertimbangan-pertimbangan yang bisa digunakan untuk menjadi referensi pilihan kamu. Apakah memilih iOS atau Android?

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Aplikasi bawaan

Hal pertama yang akan kamu perhatikan adalah menyangkut aplikasi bawaan yang disertakan pada iOS dan Android. Perlu dicatat bahwa Apple dan Google mempunyai aplikasi bawaan. Mulai dari email hingga aplikasi pencatat.

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

Kumpulan aplikasi ini layak untuk dipertimbangkan karena tidak ada cara untuk menghapusnya. Meskipun kamu masih dapat memilih untuk menginstal alternatif lain, aplikasi bawaan kemungkinan besar akan menjadi opsi default.

Salah satu aplikasi bawaan Android yang menjadi kekurangan dibandingkan dengan iOS adalah aplikasi tugas. Namun, pengguna dapat menginstal Google Keep atau opsi pihak ketiga lainnya secara manual.

Selain itu aplikasi perpesanan Apple menggunakan steroid dibandingkan dengan Android di mana mereka memiliki platform iMessage, game, Animoji, Memoji, pembayaran, dan FaceTime.

iOS bahkan memiliki toko aplikasi sendiri di dalam Messages. Sementara Android tidak memiliki aspek mewah ini. Tapi perangkat itu tetap mampu melakukan tugasnya dengan baik.

Google juga memiliki emoji, stiker, bahkan opsi pembayaran. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah aplikasi pemetaan bawaan.

Android membawa Google Maps secara default, sementara Apple memiliki aplikasi Maps-nya sendiri. Tapi Android berada jauh di depan dalam hal informasi lokal dan frekuensi pembaruan peta. Perangkat ini bahkan menawarkan opsi Street View yang tidak dimiliki aplikasi bawaan iOS.

Antarmuka

Perbedaan antara iOS dan Android dalam hal antarmuka bermuara pada kemampuan penyesuaian dan kerumitannya.

Android menyajikan lebih banyak opsi untuk penggunanya, tetapi ebih kompleks untuk digunakan. Sementara Apple membuat iOS lebih sederhana.

Keamanan dan Privasi

Perlu dicatat bahwa kedua OS menyediakan lapisan keamanan untuk sistem mereka. Namun, Android lebih terbuka untuk aplikasi di luar Play Store, sehingga malware memiliki lebih banyak peluang untuk menyusup ke perangkat ponsel.

Tapi itu tetap tidak membuat iPhone lebih aman. Peretas atau hacker sangat menyadari bahwa iOS hanya mengizinkan aplikasi di dalam App Store. Konon, ada banyak sekali aplikasi jahat dari pasar resmi yang masih mungkin masuk ke iPhone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya