Adu Kuat Baterai iPhone 13 Vs iPhone 12

Jajaran iPhone 13, Apple Watch, dan AirPod.
Sumber :
  • Aws For WP

VIVA – Apple mengambil jalan pintas yang berbeda dengan Android pada perangkat iPhone, di mana raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) itu tidak mengungkapkan jumlah kapasitas baterai saat peluncuran jajaran iPhone 13.

Serba-serbi iPhone 16 yang Bikin Penasaran

Tapi, berkat teknologi yang canggih, diketahui bahwa iPhone mampu mengalahkan Android dengan baterai yang lebih besar dalam hal screen-on time, yang mengacu pada jumlah waktu sebenarnya yang dapat digunakan smartphone dengan layar dihidupkan.

Screen-on time adalah metrik yang kuat, yang dapat digunakan untuk membandingkan berbagai smartphone unggulan serta entry-level.

Harga iPhone di iBox Turun hampir 50 Persen

Selain tergantung pada kapasitas baterai smartphone, itu juga tergantung pada faktor lain. Efisiensi daya prosesor yang dipasang di smartphone sangat mempengaruhi masa pakai baterai secara keseluruhan.

Prosesor A-series pada jajaran iPhone membuatnya sangat hemat daya, dan mampu memberikan jumlah screen-on time yang sama dengan flagship lain, seperti Samsung Galaxy S20 Ultra, dengan daya baterai yang lebih besar. Chipset Exynos milik smartphone Samsung itu kurang hemat daya dibandingkan prosesor ponsel iPhone.

Daftar Terbaru Harga iPhone di Indonesia, Mana Termurah

Kapasitas baterai iPhone 13 terungkap

Kapasitas baterai iPhone versi terbaru telah terungkap melalui informasi yang diberikan Chemtrec, lembaga pemerintah Amerika Serikat yang menangani bahan kimia dan bahan berbahaya, melansir dari laman Republic World, Selasa, 21 September 2021.

Selama acara peluncuran, Apple berjanji bahwa iPhone 13 Mini akan hadir dengan tambahan 1,5 jam penggunaan dengan sekali pengisian daya.

Sementara iPhone 13 akan bertahan hingga 2,5 jam lebih lama dari iPhone 12. Klaim tersebut tampaknya benar, di mana kapasitas meningkat secara signifikan dibandingkan pendahulunya.

Masa pakai baterai iPhone 13 dan iPhone 13

iPhone 13 Mini memiliki baterai 2.500mAh, meningkat 12 persen dibandingkan iPhone 12 Mini tahun lalu. iPhone 13 standard hadir dengan baterai 3.265mAh, naik 17 persen dalam kapasitas baterai dibandingkan iPhone 12 biasa.

Sedangkan iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max masing-masing dilengkapi dengan baterai 3.150mAh dan 4.400mAh, yaitu sekitar 15 persen dan 18 persen peningkatan kapasitas baterai dibanding generasi sebelumnya.

iPhone 11 melampaui iPhone 12 dalam tes baterai

Dengan daya baterai 3.110mAh, iPhone 11 mengelola sekitar lima jam screen-on time. Sedangkan iPhone 11 Pro memberi lebih dari enam jam screen-on time dengan 3.045mAh, yang dapat dengan mudah bertahan selama penggunaan biasa.

Anehnya, dalam tes baterai yang diunggah oleh pembuat konten Arun Maini, iPhone 11 pro dan iPhone 11 Pro Max berkinerja lebih baik daripada iPhone 12 dan iPhone 12 Pro yang baru dirilis, memberi lebih dari tujuh dan setengah jam screen-on time.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya