Whatsapp Web Memiliki Fitur Terbaru Bernama Pintasan Keyboard

WhatsApp.
Sumber :
  • freepik.com

VIVA – Selain melalui ponsel, WhatsApp juga bisa diakses menggunakan desktop. Fitur WhatsApp Web ini pertama kali diluncurkan secara resmi pada 22 Januari 2015.

WhatsApp Allows Users to Pin Multiple Messages in a Chat

WhatsApp Web ini telah mempermudah pengguna yang setiap harinya berkecimpung dengan komputer, tanpa harus memeriksa ponsel untuk berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi perpesanan instan paling populer ini.

Syarat dan ketentuan untuk penggunaan WhatsApp Web juga sangat mudah, pengguna hanya perlu membuka situs WhatsApp Web atau mengunduhnya di komputer. Setelah laman telah terbuka, pengguna diminta untuk melakukan scan pada kode QR.

WhatsApp Dongkrak Kemampuan Fitur Ini

Untuk melakukan scanning, pengguna hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp di ponsel, pergi ke menu perangkat tertaut dan ketuk “Tautkan Perangkat”, masukkan sandi ponsel, kemudian lakukan scanning kode QR pada layar monitor menggunakan kamera belakang ponsel.

Ada beberapa keuntungan menggunakan WhatsApp Web diantaranya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya saat berhubungan dengan layar monitor komputer, pengguna tidak perlu mengecek ponsel untuk melihat pesan yang masuk.

Begini Cara Blokir WhatsApp tapi Profilnya Tetap Terlihat

Selain itu, pengguna juga tidak perlu menyalin file atau dokumen yang berada di komputer ke ponsel untuk dikirim menggunakan WhatsApp karena WhatsApp Web sendiri dapat mengakses penyimpanan di desktop penggunanya.

Beberapa fitur WhatsApp Web memang tidak selengkap yang berada di aplikasi pada ponsel, seperti menambahkan status WhatsApp maupun menambahkan kontak, serta mengganti wallpaper Chat dari galeri.

Namun, ternyata ada juga beberapa fitur WhatsApp yang eksklusif hanya ada di versi web begitu pun sebaliknya.

Fitur WhatsApp Web ini boleh dibilang tersembunyi. Namun jika pengguna mengetahuinya, sedikit atau banyak pasti akan memudahkan penavigasian pada WhatsApp Web.

Fitur ini diberi nama Pintasan Keyboard yang bisa pengguna gunakan di menu Setelan. Fitur Pintasan Keyboard sendiri merupakan pintasan yang dibuat oleh WhatsApp untuk mempersingkat akses menu tertentu, hanya dengan menekan dua atau tiga tombol pada keyboard saja.

Cara ini jelas lebih mudah dibanding pengguna menggunakan pointer untuk mengakses menu-menu pada WhatsApp Web.

Berikut sejumlah fitur Pintasan Keyboard yang dapat digunakan bagi para pengguna untuk mempermudah pengoperasian WhatsApp Web:

1. Menandai pesan yang ingin dibaca nanti, dengan menekan tombol Ctrl, Shift, dan U pada keyboard.

2. Arsipkan chat dengan menekan tombol Ctrl, Shift, dan E pada keyboard.

3. Jika pengguna ingin menyematkan sebuah kontak atau grup di posisi atas? Arahkan pointer ke kontak atau grup yang dituju kemudian tekan tombol Ctrl, Shift, dan P pada keyboard.

4. Tekan Ctrl, Shift, dan F pada keyboard untuk mencari chat tertentu dalam percakapan.

5. Tekan Ctrl, Shift, dan N pada keyboard untuk membuat grup Whatsapp baru.

6. Pengguna juga dapat mengakses Setelan, cukup dengan menekan tombol Ctrl dan tombol koma.

7. Saat pengguna ingin mengirim GIF, stiker, maupun emoji, apabila enggan menggerakkan pointer untuk mencapai fitur tersebut, pengguna cukup menekan tombol Ctrl dan G untuk GIF, tekan tombol Ctrl dan S untuk stiker, dan tekan tombol Ctrl dan E untuk emoji.

8. Apabila pengguna ingin mengirim chat baru cukup tekan tombol Ctrl dan N pada keyboard.

9. Jika ingin membisukan grup atau kontak, pengguna cukup dengan mengarahkan pointer ke nama grup dan tekan tombol Ctrl, Shift dan M pada keyboard.

10. Jika Ctrl, Shift, dan F pada keyboard, digunakan untuk mencari chat tertentu, tekan Ctrl dan F untuk mencari kontak, grup, maupun pesan dalam WhatsApp.

11. Pengguna juga dapat menghapus chat hanya dengan menekan variasi tombol Ctrl, Shift dan D pada keyboard.

Demikian fitur terbaru pada Whatsapp Web. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya