Pengguna iPhone Tak Tertarik iOS 15?

iOS 15.
Sumber :
  • Sprout Wired

VIVA – Apple resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya iOS 15 untuk para pengguna iPhone maupun iPad. Perilisan iOS setiap tahunnya selalu disambut riuh oleh pengguna.

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Tapi ada yang beda dengan kehadiran iOS 15. Menurut laporan Mixpanel, pengguna iPhone dan iPad yang mengadopsi iOS 15 sejak Rabu kemarin baru mencapai 8,5 persen. Hal ini berbanding terbalik dengan iOS 14 pada periode yang sama tahun lalu, di mana pengguna perangkat Apple yang sudah adopsi sebesar 14,5 persen.

Perbedaan ini cukup mengejutkan, dan diklaim menunjukkan bahwa orang-orang tidak terlalu antusias dengan kedatangan iOS 15, karena mereka tidak menerapkan pembaruan secepat mungkin.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Mixpanel lalu mengukur adopsi iOS berdasarkan kunjungan ke situs web dan aplikasi yang menggunakan SDK analitik seluler. Meski begitu, data ini tidaklah resmi dan tidak sepenuhnya akurat, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs GSM Arena, Jumat, 24 September 2021.

Perbandingannya adalah data Mixpanel tahun lalu diperoleh dengan cara yang sama persis. Jadi, adopsi iOS 15 lebih sedikit dibandingkan dengan iOS 14 kemungkinan adalah fakta, meskipun persentasenya tidak bisa dipastikan.

Apple Izinkan iPhone Diperbaiki Pakai Suku Cadang Asli tapi Bekas

Apple belum melaporkan angka adopsi tersebut. Jika iOS 15 benar-benar tertinggal dari pendahulunya, maka raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) itu tidak mungkin mengumumkannya ke publik. Apple terakhir melaporkan adopsi 85 persen untuk iOS 14 pada Juni 2021. Kemungkinan hal yang sama akan dilakukan Apple pada iOS 15.

Pada wal tahun ini Apple mengungkapkan bahwa orang yang tetap menggunakan iOS 14 setelah pembaruan iOS 15 juga akan memiliki opsi untuk terus menerima pembaruan keamanan penting. Mengingat banyak masalah dengan versi iOS yang baru pertama rilis di tahun-tahun sebelumnya mungkin ini juga menjadi pertimbangan pengguna.

Apalagi baru-baru ini terdapat laporan bug iOS 15 di media sosial yang menjadi viral. Setelah perangkat lunak atau software terpasang maka mereka mendapat pemberitahuan 'penyimpanan iPhone hampir penuh' dalam Settings. Padahal masih ada sisa storage yang cukup.

Kasus lainnya adalah bug iOS 15 ini menghasilkan tabulasi salah pada berapa banyak penyimpanan yang digunakan. Apple Support menyarankan pengguna untuk melakukan reset pada iPhone mereka. Namun saran itu ternyata tidak membantu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya