Intip Isi Dapur Laptop Gaming HP

Laptop gaming HP Omen.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA – Merek laptop Hewlett-Packard, atau biasa disebut HP, baru saja mengenalkan dua laptop gaming ke Indonesia, yaitu HP Omen 16 inchi dan HP Victus 16 inchi. Keduanya ditujukan untuk konsumen penggila gaming dan pembuat konten (content creator).

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

"Permintaan laptop gaming sangat tinggi di Indonesia. Bahkan, hampir semua vendor kewalahan memenuhi permintaan. Tapi, secara umum, persediaan lebih sedikit dari permintaan," kata Indonesia Business Personal System Category Lead HP Indonesia, Ricky Handrian, dalam konferensi pers virtual, Jumat, 24 September 2021.

Laptop gaming HP Omen dengan layar 16 inchi hadir sebagai jawaban kebutuhan bagi para pro gamers atau gamer profesional yang jumlahnya kian bertambah setiap tahunnya di Indonesia.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

“Fokus kami menciptakan teknologi inovatif yang terus berkembang untuk semua orang. Baik para pengguna HP Omen yang antusias maupun pendatang baru di industri gaming yang terus tumbuh," jelasnya.

Daftar Harga HP Oppo per 12 April 2024

HP Omen dengan layar 16 inchi dilengkapi dapur pacu dengan dua pilihan, yakni prosesor Intel CoreTM i7-11800H2 atau Mobile Processor AMD RyzenTM 9 5900HX2 dengan GPU Nvidia GeForce RTXTM 3070 Laptop GPU 8GB.

Menurut Ricky, pengguna bisa menggunakan banyak aplikasi tanpa takut laptopnya ngadat, karena sudah dilengkapi dengan 16GB DDR4 3.200MHz yang bisa ditingkatkan hingga 32GB. Selain itu, gamer juga bisa mengakses file penting dengan sangat cepat lantaran didukung hingga 512GB PCIe NVMe M.2 Gen4 SSD yang dapat ditingkatkan hingga 1TB.

Pada saat digunakan untuk bermain game, pengguna akan dimanjakan dengan fitur flicker-free dan memastikan pergerakan gambar atau visual lebih halus dan tidak membuat mata lelah ketika menggunakan laptop. Hal itu karena layar yang digunakan adalah panel IPS FHD5 dan tersedia juga fitur low blue light.

Untuk sistem pendinginan, laptop gaming HP Omen memiliki desain bilah kipas yang 2,5 kali lebih tipis dan memiliki jumlah bilah 2,5 kali lebih banyak dari generasi sebelumnya. Soal kapasitas baterai juga diperbesar menjadi 83 Whr dari generasi sebelumnya yang memiliki kapasitas 52,5 Whr, sehingga dapat dipakai selama 9 jam.

Menariknya lagi, laptop HP Omen didesain ramah lingkungan karena menggunakan bahan aluminium daur ulang untuk permukaan keyboard, kotak speaker yang menggunakan kombinasi plastik daur ulang pasca konsumen dan ocean bound plastic, serta penutup tombol yang menggunakan plastik daur ulang.

Laptop pun dikemas dengan kotak luar dan bantalan serat yang 100 persen ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Laptop gaming HP Omen dengan layar 16 inchi dibanderol seharga Rp25 juta.

Selain itu, HP Victus dengan layar 16 inchi digadang-gadang bisa mendukung penggunanya produktif dalam bekerja sekaligus mendukung pengguna menjadi gamer pemula atau casual gamers.

Consumer PC Lead HP Indonesia, Hansen Wijaya, mengatakan layar HP Victus sangat luas dan memberikan ruang visual yang baik untuk bekerja maupun bermain game. Laptop gaming ini tersedia dalam dua varian dapur pacu, yakni intel Core i7 generasi 11 dan AMD Ryzen 5000 series2.

Keduanya dilengkapi dengan memori DDR4 3.200MHz 16GB yang bisa ditingkatkan hingga 32GB. Tak perlu khawatir dengan penyimpanan karena laptop ini memiliki ruang penyimpan sebesar 512GB PCIe NVMeTM M.2 Gen4 SSD yang dapat ditingkatkan hingga 1TB.

Dari segi GPU, kedua varian itu didukung oleh produk terbaru NVidia GeForce RTXTM 3060 mobile. Layar HP Victus juga disiapkan untuk mendukung produktivitas dengan refresh rate yang tinggi 144Hz memastikan gambar dan visual yang ditampilkan bekerja dengan sangat maksimal pada saat laptop digunakan.

Dari segi pendinginan, Victus by HP memiliki ventilasi yang lebar sehingga dapat meningkatkan efisiensi termal didukung oleh lima aliran udara lima arah memastikan laptop ini tidak akan panas berlebihan pada saat digunakan baik untuk bekerja maupun untuk bermain game.

Bagi gamer pemula, juga akan dimanjakan dengan kehadiran Omen Gaming Hub, sebuah layanan bawaan dari HP sehingga pengguna bisa mengubah mode penggunaan menjadi lebih baik seperti menggunakan 'Performance Mode' maupun mengecek 'System Vitals' sehingga performanya bisa terpantau dengan baik.

Ada juga 'Network Booster' yang masuk dalam kontrol Omen Gaming Hub sehingga pengguna bisa memprioritaskan jaringannya untuk bermain game ataupun aplikasi yang aktif sehingga bisa mencegah jaringan tertunda atau lag pada saat bermain maupun streaming video. Laptop gaming HP Victus dengan layar 16 inchi harganya Rp19 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya