Google akan Blokir Ponsel Android Kamu Hari Ini

Android.
Sumber :
  • Hacker Noon

VIVA – Google mengonfirmasi kalau sejumlah aplikasinya yang paling populer seperti Gmail, YouTube, Google Maps, dan Google Kalender akan berhenti bekerja untuk beberapa smartphone atau ponsel pintar Android lama.

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) itu akan memblokir semua pengguna agar tidak masuk dengan Akun Google mereka di perangkat yang sudah menua. Sementara platform WhatsApp sudah lebih dahulu pamit meninggalkan versi lama Android pada tahun lalu.

Jadi, mereka yang memiliki ponsel Android 2.3.7 (Gingerbread) akan terpengaruh oleh perubahan ini. Sistem operasi (OS) yang pertama kali dipublikasi pada Desember 2010 dipastikan tidak bisa lagi mendukung aplikasi populer mulai Senin hari ini, 27 September 2021 sebagai bagian dari perjalanan Google dalam upaya untuk menjaga keamanan pengguna.

Siap-siap Menyambut Xiaomi 14 di Indonesia

Untuk terus menggunakan aplikasi ini, pengguna harus memutakhirkan ponsel pintarnya ke Android 3.0. Namun, karena tidak semua perangkat yang menjalankan Android 2.3.7 dapat melakukan lompatan ke versi OS berikutnya, maka beberapa pengguna tidak akan pernah dapat menggunakan aplikasi ini lagi.

Jika pengguna tidak dapat meningkatkan ke perangkat baru, Google memang menawarkan solusi, yaitu menggunakan browser web di Android, beberapa layanan Google ini dapat diakses. Namun, aplikasi akan diblokir secara permanen di ponsel pengguna.

THR Cair Saatnya Beli HP Baru, Harga Rp1,4 juta Sudah Dilengkapi AI

Lalu, apabila pengguna tidak yakin versi Android mana yang mau dijalankan di perangkatnya, maka pengguna dapat dengan mudah memeriksanya dengan menuju ke Sistem > Lanjutan > Pembaruan Sistem, seperti dikutip dari situs Express.

Beberapa smartphone populer yang sudah tidak lagi didukung aplikasi populer Google yaitu Sony Xperia Advance, Lenovo K800, Sony Xperia Go, Vodafone Smart II, Samsung Galaxy S2, Sony Xperia P, LG Spectrum, Sony Xperia S, LG Prada 3.0, HTC Velocity, HTC Evo 4G, Motorola Fire, dan Motorola XT532.

Android Gingerbread menjadi salah satu peluncuran paling ikonik dalam sejarah platform. Itu juga sistem Android pertama yang tiba dengan rencana pembaruan tahunan.

Versi terbaru dari sistem operasi Google, Android 12, akan diluncurkan pada Oktober 2021 di smartphone Pixel. Pabrikan lain seperti OnePlus dan Samsung akan menyusul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya