Ponsel Android Ini Enggak Bisa Lagi Pakai Google Maps hingga YouTube

YouTube.
Sumber :
  • TechCrunch

VIVA – Raksasa teknologi Amerika Serikat Google resmi memblokir aplikasi paling populer seperti Gmail, YouTube, Google Maps, dan Google Kalender untuk ponsel Android lama. Dalam hal ini, ponsel Android 2.3.7 (Gingerbread) yang akan terpengaruh oleh perubahan ini.

Pemudik Bisa Pantau Google Maps, Banyak Info Baru

Sistem operasi (OS) yang pertama kali dipublikasi pada Desember 2010 itu dipastikan tidak bisa lagi mendukung aplikasi populer mulai 27 September 2021 sebagai bagian dari perjalanan Google dalam upaya untuk menjaga keamanan pengguna.

Jadi, semua pengguna tidak bisa mengakses Akun Google mereka di perangkat yang sudah menua. Sementara platform WhatsApp sudah lebih dahulu pamit meninggalkan versi lama Android pada tahun lalu.

Ulang Tahun, Nikita Mirzani Traktir Makan dan Bagi THR ke Ojol

Seperti diketahui, sistem operasi Android yang lebih lawas jauh lebih rentan terhadap bug dan peretasan. Saat ini Google telah memiliki Android 11. Dengan begitu dapat diketahui bahwa lompatan dari Android 2.3.7 ke OS saat ini sudah begitu jauh. Meski demikian, beberapa pemilik ponsel Android 2.3.7 bisa upgrade ke Android 3.0.

Jika tidak lagi memiliki kemampuan untuk melakukan peningkatan, maka opsi lainnya adalah pengguna bisa memanfaatkan browser web di Android, sehingga beberapa layanan Google ini dapat diakses. Namun, aplikasi akan diblokir secara permanen di ponsel pengguna.

Waktu yang Pas Berhubungan Seks di Bulan Ramadhan dan Aturan Mandi Junub Agar Puasa Tetap Sah

Lalu, apabila pengguna tidak yakin versi Android mana yang mau dijalankan di perangkatnya, maka pengguna dapat dengan mudah memeriksanya dengan menuju ke Sistem > Lanjutan > Pembaruan Sistem.

Mau tahu ponsel Android lawas apa saja yang sudah tidak bisa lagi pakai Gmail, YouTube sampai Google Maps?

Dikutip VIVA Tekno dari situs Express, Selasa, 28 September 2021, ponsel Android tersebut adalah Sony Xperia Advance, Lenovo K800, Sony Xperia Go, Vodafone Smart II, Samsung Galaxy S2, Sony Xperia P, LG Spectrum, Sony Xperia S, LG Prada 3.0, HTC Velocity, HTC Evo 4G, Motorola Fire, dan Motorola XT532.

Android Gingerbread menjadi salah satu peluncuran paling ikonik dalam sejarah platform. Karena, ini merupakan sistem Android pertama yang tiba dengan rencana pembaruan tahunan. Versi terbaru dari sistem operasi Google, Android 12, akan diluncurkan pada Oktober 2021 di smartphone Pixel. Pabrikan lain seperti OnePlus dan Samsung akan menyusul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya