Menghitung Hari WhatsApp Raib Permanen

WhatsApp.
Sumber :
  • freepik.com

VIVA – WhatsApp akan berhenti beroperasi pada 1 November 2021. Berhenti beroperasi yang dimaksud di sini hanya berlaku untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 4.0.2 dan iOS 8 ke bawah.

WhatsApp Allows Users to Pin Multiple Messages in a Chat

Dalam laman frequently asked question (FAQ), WhatsApp merekomendasikan untuk menggunakan ponsel Android yang menjalankan OS 4.0.3 atau iPhone yang menjalankan iOS 9 ke atas.

Jadi, sebagian besar smartphone di pasaran menjalankan versi terbaru dari sistem operasi saat ini, Android dan iOS, pengguna sebetulnya tidak perlu khawatir.

WhatsApp Dongkrak Kemampuan Fitur Ini

Para pengguna tetap bisa menggunakan aplikasi pesan terbesar di dunia, asalkan menggunakan smartphone dengan sistem operasi yang memenuhi persyaratan WhatsApp.

Jika ingin memeriksa versi sistem operasi yang digunakan, Anda dapat mengunjungi 'Pengaturan' pada perangkat dan ketuk 'Tentang Ponsel' untuk mengetahuinya.

iOS 17.4.1 Segera Hadir, Pengguna iPhone XR ke Atas Aman

Lalu, apabila menggunakan Android atau iOS versi lama, pengguna dapat memperbaruinya ke versi terbaru dengan mudah.

Akan tetapi, ada beberapa perangkat yang tidak mendukung pembaruan dan WhatsApp tidak akan kompatibel dengannya. Kebanyakan dari perangkat yang menggunakan OS versi lawas sudah berusia 10 tahun.

Bahaya Menggunakan WhatsApp MOD

Photo :
  • NewsBeezer

Meski WhatsApp menghentikan dukungan untuk smartphone lawas, tidak berarti aplikasi langsung berhenti bekerja. Masalah terbesarnya adalah perangkat yang tidak didukung WhatsApp tidak akan bisa mendapat akses update security atau keamanan.

Hal ini pun membuat para pengguna mudah jadi target para hacker yang memanfaatkan kerentanan di aplikasi yang tidak di-update untuk mencuri data pribadi pengguna.

WhatsApp juga menyarankan agar pengguna smartphone di atas memperbarui perangkat yang lebih baru untuk menghindari penutupan akun atau tidak mendapatkan software keamanan.

Jika tidak, pengguna tidak bisa menikmati fungsi aplikasi. Misalnya tidak terhubung ke WhatsApp Web. Sebab, untuk masuk ke platform, WhatsApp akan meminta kode QR dari aplikasi yang diunduh di ponsel. Jika ponsel lawas, dalam beberapa kasus tidak bisa menampilkan kode QR tersebut.

Kalau kamu takut kehilangan akses atas WhatsApp di smartphone, pengguna perlu membuat backup atau pencadangan riwayat percakapan sebelum 1 November 2021. Ini caranya:

1. Buka WhatsApp, masuk ke menu (titik tiga di sudut kanan atas)

2. Masuk ke Setting dan pilih Chat

3. Klik Chat Backup dan klik Backup.

Cara ini bisa menyimpan seluruh percakapan WhatsApp. Namun lagi-lagi harus diingat, pengguna tidak bisa masuk ke WhatsApp hingga berganti ke OS Android 4.0.3 atau iPhone yang menjalankan iOS 9 ke atas.

Dalam hitungan hari, berikut daftar smartphone yang tidak bisa lagi mendapatkan update WhatsApp, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs Insider:

Android

Samsung: Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 Mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core, dan Galaxy Ace 2

Huawei: Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, dan Ascend D2

LG: Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus F5, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6 Enact, Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus F4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD, 4X HD, Optimus F3Q

ZTE: Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987, Grand Memo

Sony: Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, dan Xperia Arc S

Alcatel: One Touch Evo 7

Smartphone Lainnya: Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, Lenovo A820, UMi X2, Faea F1, THL W8

iOS

Apple iPhone 4 ke bawah, iPhone SE, iPhone 6S, iPhone 6S Plus. Sebagai catatan, khusus iPhone SE dan seri iPhone 6S, jika masih bisa di-update ke iOS 10 ke atas maka ponsel tersebut tetap bisa mengakses dan memerima update keamanan WhatsApp.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya