Layar Ponsel Bisa 'Sembuh Sendiri dari Sakit', Mungkinkah?

Seorang wanita sedang memperhatikan layar ponsel.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Para peneliti di Kanada saat ini sedang mengembangkan polimer penyembuhan mandiri untuk layar ponsel. Tujuannya adalah agar ponsel secara otomatis bisa menyembuhkan goresan atau retakan yang pada gilirannya akan meningkatkan umur perangkat tersebut.

Wanita Hamil Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading, Ponselnya Hilang

Tim peneliti dari Universitas Concordia Montreal di Kanada yang dipimpin Twinkal Patel telah mengembangkan jaringan polimer penyembuhan diri yang memberi hasil yang baik pada suhu kamar.

Jika berhasil maka teknologi baru ini tidak hanya akan menguntungkan pengguna ponsel dan menghemat uang mereka, tetapi juga secara signifikan memperpanjang umur perangkat dan menghemat bahan mentah dengan mengurangi jumlah layar pengganti yang diproduksi.

Anak di Bawah Umur Diduga Dicabuli Saudara di Cengkareng, Begini Modusnya

Polimer baru ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel di masa mendatang, menurut situs The Star, Rabu, 27 Oktober 2021. Material itu dapat menyimpan energi dan mengubahnya menjadi listrik ketika gerakan berulang diterapkan.

Secara absolut, teknologi ini suatu hari nanti akan memungkinkan pengguna mengisi ulang baterai perangkat secara otomatis, hanya dengan berjalan kaki. Penelitian terhadap polimer yang dapat memperbaiki diri sendiri itu pertama kali diaplikasikan di BMW.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Produsen mobil Jerman itu telah menutupi gril depan SUV listrik BMW iX barunya dengan lapisan poliuretan, yang dapat secara otomatis menghapus sedikit goresan dalam waktu 24 jam pada suhu kamar atau dalam waktu kurang dari lima menit di bawah udara panas.

Pelaku kasus pembunuhan perempuan hamil di ruko Kelapa Gading, Agustami diketahui merampas ponsel korban sebelum kabur ke Lampung.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Hubungan antara korban dan pelaku adalah pasangan kekasih. Kondisi korban lagi hamil dan sudah jalin hubungan dengan pelaku selama tiga tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024