Apple Kalah dari Microsoft

Apple Vs Microsoft.
Sumber :
  • MacRumors

VIVA – Dua raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) sedang bersaing untuk membuktikan siapa yang terbaik. Keduanya yaitu Microsoft dan Apple.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Namun, Microsoft mengungguli Apple Inc sebagai perusahaan paling berharga di dunia dengan kapitalisasi US$2,49 triliun atau lebih dari Rp35 ribu triliun. Hal itu karena terjadinya penurunan nilai yang dialami produsen iPhone dan MacBook itu sebesar 2 persen.

Seperti dikutip VIVA Tekno dari situs The Verge, Sabtu, 30 Oktober 2021, Apple mengalami penurunan penjualan hingga US$6 miliar (Rp85,3 triliun) selama kuartal keempat tahun ini akibat rantai pasokan global yang terus-menerus bermasalah.

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Fokus Apple yang lebih didominasi pada penjualan produk perangkat keras menjadikan bisnisnya lebih rentan ketika rantai pasokan produk terganggu. Sementara Microsoft yang fokus pada penjualan perangkat lunak menjadikannya bisa tetap berjaya meski pasokan produk perangkat keras mengalami masalah.

Oleh karena itu, saham Microsoft mengalami kenaikan sebesar 2,2 persen. Penjualan cloud atau komputasi awan menjadi marak terutama karena masyarakat kini bekerja dari rumah menjadi andalan Microsoft.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Tahun ini Microsoft mengalami kenaikan saham hingga 49 persen, sementara saingannya Apple hanya mengalami kenaikan hingga 13 persen. Sebelumnya, Apple adalah perusahaan pertama yang mencapai kapitalisasi pasar US$1 triliun dan US$2 triliun.

Apple menjadi perusahaan publik paling berharga di dunia, mengalahkan raksasa minyak negara Saudi Aramco dalam kapitalisasi pasar di tahun lalu. Microsoft terakhir kali mengalahkan Apple dalam kapitalisasi pasar pada 2020 ketika lockdown selama pandemi COVID-19, menyebabkan masalah pada rantai pasokan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya