Laptop Murah Meriah Microsoft Siap Jegal Chromebook Google

Microsoft Surface Laptop SE.
Sumber :
  • SlashGear

VIVA – Microsoft baru saja mengumumkan pesaing Chromebook Google, yaitu Surface Laptop SE, yang dibanderol US$250 atau Rp3,5 juta. Ini adalah laptop Windows 11 murah dengan spesifikasi pemula atau entry-level.

Bos Apple dan Microsoft Mau Sowan ke Jokowi

Layaknya Chromebook yang perangkat lunaknya diisi Google, Surface Laptop SE juga diperuntukkan bagi para siswa-siswi. Surface Laptop SE menampilkan layar 11,6 inchi dengan resolusi 1366 x 768 serta 135 ppi.

Ini merupakan laptop 16:9 yang berangkat dari rasio 3:2. Sementara untuk keyboard dan trackpad-nya masih sama dengan Surface Laptop Go. Tapi sayang, untuk layarnya tampak terlalu kecil.

Acer Gaspol Teknologi AI

Jika dibandingkan dengan tampilan tajam pada laptop Chromebook Duet Lenovo, Surface Laptop SE adalah layar dengan resolusi yang relatif rendah.

Duet Lenovo memiliki layar OLED full-HD 10,1 inchi yang lebih kecil dengan resolusi layar 1920 x 1200, serta kerapatan piksel 224 ppi.

Microsoft Rekrut Tokoh Muslim yang 'Drop Out' dari Oxford

Prosesor di dalam Surface Laptop SE juga cukup rendah. Terdapat prosesor Intel Celeron N4020 atau N4120 ditambah dengan RAM 4GB atau 8GB dan penyimpanan eMMC 64GB atau 128GB. Ada juga kamera depan 720p untuk sekolah online.

Perangkat juga memiliki satu port USB-A dan satu port USB-C, sehingga pengguna dapat menghubungkan hub dengan koneksi HDMI untuk membuat layar dicerminkan pada tampilan yang lebih besar.

Surface Laptop SE juga menggunakan konektor DC tipe barel yang terasa agak kuno, terutama karena Microsoft telah memiliki port pengisian daya Surface Connect magnetik, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs Gizmodo, Kamis, 11 November 2021.

Microsoft menjanjikan baterai hingga 16 jam dengan penggunaan biasa. Hasil cetak halus pada bahan cetaknya menunjukkan bahwa pengujian dilakukan dengan kecerahan layar 150 nits, yang jauh lebih redup daripada pengujian baterai yang dimulai pada 200 nits.

Microsoft Surface Laptop SE adalah perangkat yang terjangkau bagi mereka yang ingin merasakan Windows 11. Laptop murah ini dilengkapi dengan Windows 11 SE yang dikembangkan berdasarkan umpan balik dari guru dan tim administrasi TI sekolah.

Windows 11 SE kemungkinan akan diluncurkan pada perangkat berorientasi pendidikan lainnya dari produsen seperti Dell, Acer, Asus, dan Lenovo. Microsoft juga membuat Surface Laptop SE lebih mudah untuk diperbarui dan dibongkar, hingga komponen layar, baterai, keyboard, dan motherboard.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya