Adu Keren Kamera Selfie Vivo V23e vs Vivo V21 5G

Ponsel Vivo.
Sumber :
  • The Mobile Indian

VIVA – Vivo V23e pada Selasa hari ini, 23 November 2021 resmi mendarat di Indonesia. Keran preorder telah dibuka meskipun harganya masih dirahasiakan.

Resmi Kantongi Sertifikat Halal Seumur Hidup, Manajemen Dunkin Ungkap Alasan Hilangnya Kata Donuts

Ponsel China ini kerap dikenal rajin merilis perangkat dengan keunggulan pada kamera depannya. Sebelumnya, awal tahun ini mereka sudah meluncurkan Vivo V21 5G yang datang dengan salah satu kamera selfie terbaik yang pernah ada yang mencakup OIS dan flash menghadap ke depan.

Keduanya pun sama-sama mengusung kamera selfie. Mari kita lihat perbandingan Vivo V23e dengan Vivo V21 5G, berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno:

Survei BI Ungkap Keyakinan Konsumen Akan Ekonomi Indonesia Naik

Desain

Desain keduanya tidak terlalu berbeda jauh. Jika melihat panel depan, Vivo V23e dan V21 5G hampir tidak mungkin dibedakan satu sama lain. Namun, V21 5G memiliki rasio screen-to-body yang lebih tinggi, serta dimensi yang sedikit lebih kecil.

Jembatani Kesenjangan Akses E-Commerce Daerah Non-Urban, Clubb Kyta Gandeng Mahasiswa

Sementara pada sisi belakang, satu-satunya perbedaan penting adalah terkait modul kamera pada V23e di mana kamera disusun secara vertikal. V21 5G memiliki penempatan yang lebih mirip dengan iPhone, berbentuk persegi dan dengan kamera yang memiliki dimensi berbeda.

Keduanya dibuat dengan material polikarbonat dan tidak menawarkan bahan premium, tetapi sangat tipis dan ringan, menurut laman Gadgets Now.

Layar 

Meski V23e adalah model yang lebih baru, tapi tampilan terbaik masih dipegang V21 5G. Hal ini ponsel itu dilengkapi dengan layar AMOLED dengan diagonal 6,44 inchi, kecepatan refresh 90Hz, dan sertifikasi HDR10 Plus.

Adapun Vivo V23e juga memiliki layar AMOLED, tetapi kecepatan refresh-nya masih standard dan konsumen tidak mendapatkan sertifikasi yang menunjukkan bahwa kualitas gambarnya ditingkatkan.

Meski begitu, Vivo V21 5G dan V23e hadir dengan resolusi Full HD Plus dan pembaca sidik jari dalam layar. Diagonal layarnya sama, tetapi seperti sudah disebutkan sebelumnya, V21 5G memiliki rasio screen-to-body yang lebih tinggi, yang berarti mempunyai bezel yang lebih sempit di sekitar layar.

Perangkat keras dan lunak

Kendati keduanya sama-sama ponsel kelas menengah, tetapi pengaturan perangkat keras terbaik ada di V21 5G. Prosesor Mediatek Dimensity 800U yang terdapat pada V21 5G sebenarnya lebih unggul dari chipset Mediatek Helio G96 dari V23e dalam hal kinerja CPU dan GPU.

Dimensity 800U juga sudah mendukung konektivitas jaringan generasi kelima, sedangkan Helio G96 tidak. RAM naik hingga 8GB. Akan tetapi, konsumen bisa mendapatkan lebih banyak penyimpanan internal jika memilih V21 5G, di mana penyimpanan bawaan adalah UFS 2.2 hingga 256GB yang selanjutnya dapat perluas melalui slot micro SD.

Vivo V23e sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 dan serangkaian Funtouch OS 12 yang menyediakan lebih banyak fitur dan tampilan baru. Sedangkan, V21 5G masih berbasis Funtouch OS 11.1.

Kamera

Kamera belakang kedua ponsel ini sama persis, yaitu memiliki sensor utama 64MP dengan aperture fokus f/1.8, lensa ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Namun, V21 5G mampu memberikan kualitas foto yang lebih baik karena memiliki OIS yang dapat meningkatkan stabilisasi. Sedangkan V23e memiliki flash dual-LED yang lebih bertenaga.

Memiliki OIS adalah nilai tambah yang lebih penting, bahkan dalam kondisi cahaya redup. Aspek terpenting dari ponsel ini adalah kamera selfie. V21 5G memiliki kamera depan 44MP dengan OIS dan flash dual-LED menghadap ke depan.

V23e memiliki sensor yang lebih menarik dengan resolusi 50MP, tetapi tidak dikemas dengan OIS dan lampu kilat LED yang menghadap ke depan. Meski hadir lebih dahulu, V21 5G menang untuk kategori kamera selfie.

Baterai

Vivo V23e memiliki baterai yang sedikit lebih besar dengan kapasitas 4.050mAh, sementara V21 5G hanya 4.000mAh. Tetapi V21 5G masih dapat memberikan daya tahan baterai yang lebih lama karena prosesornya dibangun dengan proses produksi 7nm yang lebih baik.

Di sisi lain, V23e memiliki teknologi pengisian daya yang lebih cepat dengan daya 44W. Namun, konsumen tetap mendapatkan kecepatan tinggi saat mengisi daya Vivo V21 5G berkat daya 33W.

Harga

Vivo V23e diumumkan dengan harga 330 Euro atau Rp5,2 juta. Sedangkan harga untuk Vivo V21 5G adalah Rp5,8 juta dengan satu varian saja, RAM 8GB/ROM 128GB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya