Kaget Lihat Ponsel Terlaris di China

iPhone 13 Pro vs vivo X70 Pro
Sumber :
  • Gizmochina

VIVA – Ponsel keluaran Apple, iPhone jadi salah satu ponsel yang paling populer di dunia, termasuk China. Kualitas dari perangkat, baik itu hardware maupun software tidak diragukan lagi. Pemiliknya juga kerap dipandang berada di kelas atas karena iPhone termasuk ponsel premium. 

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Tapi perusahaan asal Amerika Serikat ini mulai mengalami penurunan popularitasnya di China karena banyaknya pesaing, sebut saja seperti Huawei, Xiaomi, Oppo hingga Vivo yang menawarkan kualitas tak kalah bagus dengan iPhone, dengan harga yang jauh lebih murah.

Tapi pergeseran desain yang baru-baru ini dilakukan, tampaknya telah membuat Apple kembali bangkit karena perusahaan telah melihat peningkatan yang stabil dalam pendapatannya sejak iPhone X hingga saat ini. 

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Kenaikan iPhone memuncak di antara 4 merek teratas di China pada September 2021. Sebuah laporan dari firma riset pasar Counterpoint Research, mengungkapkan bahwa Apple memberikan kejutan dengan menggeser Vivo, muncul sebagai vendor smartphone nomor satu di China.

Smartphone vivo X70 Pro.

Photo :
  • Dok: vivo Indonesia
Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China

Perusahaan mencatat bahwa ini adalah pertama kalinya, sejak Desember 2015 Apple muncul sebagai vendor smartphone terbesar di China, dikutip VIVA Tekno dari situs Gizmochina, Minggu 28 November 2021.

Prestasi itu juga kemungkinan karena kehadiran pendatang baru, iPhone 13. Penjualan merek tersebut tumbuh 46 persen untuk bulan September. Ini adalah pertumbuhan tertinggi yang tercatat pada Oktober 2021 dibanding vendor China. 

Sebaliknya, seluruh pasar ponsel pintar China tumbuh hanya sebesar 2 persen dari bulan ke bulan selama periode tersebut. Belum lagi karena jatuhnya Huawei sebagai akibat dari larangan perdagangan Amerika Serikat yang berkontribusi pada pertumbuhan Apple.

iPhone 13.

Photo :
  • Telkomsel

Padahal sebelumnya smartphone andalan Huawei kerap bersaing dengan Apple dalam hal kehebatan kamera di DXOMark. Smartphone juga menawarkan kualitas yang sama dan fitur luar biasa seperti yang ada di iPhone, tetapi dengan penawaran harga yang lebih rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya