Apple Coba Menenangkan Pemilik iPhone

Gerai resmi Apple Digimap di Jakarta.
Gerai resmi Apple Digimap di Jakarta.
Sumber :
  • Digimap

VIVA – Aksi peretasan yang dilakukan Pegasus NSO asal Israel terhadap iPhone merupakan salah satu kontroversi teknologi paling signifikan pada tahun ini.

Pegasus mengizinkan oknum-oknum tertentu untuk memata-matai target melalui iPhone mereka menggunakan serangan zero-day.

Korban bahkan tidak perlu mengklik tautan dalam pesan untuk menginstal program spyware Pegasus agar peretasan dapat bekerja.

Mereka juga tidak akan tahu bahwa iPhone mengirim data pribadi ke penyerang yang tidak dikenal. Adanya laporan keamanan ini membuat Apple menambal kerentanan tersebut.

Namun, Apple tidak hanya memperbaiki kerentanan keamanannya di iPhone. Raksasa teknologi Amerika Serikat itu juga turut menggugat perusahaan Israel yang ada di balik proyek Pegasus.

Apple juga bergerak memberi tahu para korban tentang serangan hacker, yang mana secara tidak langsung mengungkapkan jenis target yang dikejar oleh peretas Pegasus.

Ya, Pegasus mengejar target tertentu, seperti aktivis, politisi, anggota parlemen, dan jurnalis. Itulah sebabnya pemerintah AS menempatkan Pegasus pada daftar entitas yang secara efektif melarang NSO Group bekerja dengan perusahaan teknologi AS mana pun.