Ponsel China Tumbang di Kandang Sendiri

Apple iPhone Face ID.
Sumber :
  • Techfire

VIVA – Ponsel milik Apple, iPhone, menjadi smartphone yang paling dicari di China, menurut data terbaru Counterpoint Research. iPhone sampai menyumbang 23,6 persen penjualan smartphone pada November 2021 atau naik 22 persen dari Oktober pada tahun yang sama.

Apple Bagi-bagi Undangan

Angka tersebut juga menunjukkan bahwa iPhone telah mempertahankan kepemimpinan pasar selama dua bulan berturut-turut di negeri Tirai Bambu. Salah satu ponsel China, Vivo, membuntuti iPhone di urutan kedua dengan pangsa pasar 17,8 persen.

Angka-angka yang mengesankan ini kemungkinan disebabkan oleh beberapa alasan. Salah satunya adalah perilisan seri iPhone 13, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs Gizmochina, Selasa, 4 Januari 2022.

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Jajaran iPhone 13 menawarkan peningkatan fungsi kamera dan fotografi, masa pakai baterai yang lebih lama, dan beberapa inovasi lain dengan harga yang setara dengan iPhone 12.

Model iPhone lainnya juga memiliki kinerja yang baik di negeri Tirai Bambu karena banyaknya produk lokal serta flagship premium.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Lonjakan jumlah penjualan pada November 2021 karena tidak lepas dari event tahunan Hari Jomblo China yang mempunyai penjualan besar-besaran.

Counterpoint Research memperkirakan gelembung iPhone akan menurun mulai Desember 2021 atau Januari 2022. Alasannya karena sebagian besar pengguna iPhone yang lebih tua telah meningkatkan perangkat mereka ke model yang lebih anyar.

Bukan itu saja. Counterpoint juga menghubungkan lonjakan iPhone dengan penurunan dan masalah pada Huawei. Ponsel China lainnya seperti Oppo, Xiaomi, dan Vivo juga ikut menderita akibat sanksi keras dari Amerika Serikat (AS).

Seperti diketahui, Apple akan kembali mengenalkan teknologi dan perangkat-perangkat baru mereka untuk para penggemarnya di tahun ini.

Mereka berusaha memperbaiki kinerja yang sempat menurun pada 2021 setelah serangkaian peristiwa seperti produk unggulannya iPhone 13 yang tak begitu mendapatkan respons positif dari pasar global, hingga kekurangan pasokan chip.

iPhone 14, ponsel penerus iPhone 13 ini, digadang-gadang akan memiliki perubahan signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. iPhone 14 dirumorkan tidak akan memiliki notch dan akan mengambil tampilan hole punch display untuk kamera dan juga Face ID.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya