Cara Menemukan Ponsel Hilang Meski Baterai Mati

Ngecas baterai ponsel.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Kehilangan ponsel menjadi hal yang sangat merugikan bagi pemiliknya. Tidak hanya raibnya alat komunikasi, tapi juga data-data yang ada di dalamnya.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Ada salah satu ikhtiar yang bisa Anda lakukan untuk mencari ponsel meskipun dalam keadaan mati atau habis daya.

Jika Anda memiliki iPhone yang lebih baru, pembaruan aplikasi 'Find My' baru-baru ini memungkinkan user menemukan iPhone meskipun dalam keadaan mati atau baterai habis.

Wanita Hamil Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading, Ponselnya Hilang

Fitur berfungsi untuk iPhone 11 dan yang lebih baru, termasuk semua model iPhone 11, 12, dan 13 yang menjalankan iOS 15. Sebagaimana dikutip dari situs Fox News, Rabu, 5 Januari 2022, cara pertama adalah memastikan aplikasi Find My aktif.

Langkah mengaktifkannya adalah buka Setting > (nama pengguna) > lalu cari Find My. Jika diminta untuk masuk, masukkan ID Apple. Ketuk Find My iPhone, lalu geser sakelar di sebelah Find My iPhone ke kanan untuk mengaktifkannya.

Anak di Bawah Umur Diduga Dicabuli Saudara di Cengkareng, Begini Modusnya

Jika perangkat offline (tidak terhubung ke Wi-Fi atau seluler), Find My dapat menemukannya menggunakan jaringan Find My.

Pada iPhone yang didukung dengan iOS 15 atau lebih baru, menyalakan jaringan Find My memungkinkan pengguna menemukan perangkat hingga 24 jam setelah dimatikan.

Send Last Location digunakan jika baterai segera habis, maka lokasinya akan dikirim ke Apple secara otomatis. Mencari iPhone juga bisa dengan bantuan Apple Watch.

Metode sederhana untuk mengaktifkannya adalah dengan menggeser ke atas pada layar. Setelah jam tangan terbuka, ketuk ikon telepon dengan gelombang suara. Ketukan ini akan memaksa iPhone mengeluarkan suara meskipun dalam mode senyap.

Jika Anda memiliki iPad atau MacBook, gunakan aplikasi Find My. Anda dapat menggunakannya untuk melacak ponsel dan mengeluarkan suara, seperti halnya Apple Watch.

Berikut cara melacak ponsel dari iPad? Jika iPhone adalah satu-satunya perangkat Apple yang dimiliki, Anda dapat menggunakan browser web.

Masuk ke iCloud.com, kemudian temukan fitur Find My iPhone. Setelah itu masuk lagi. Klik 'All Devices' untuk menemukan ponsel yang dicari. Pilih ponsel yang hilang dan pilih Play Sound.

Android

Find My Device secara otomatis aktif saat menambahkan akun Google ke perangkat Android. Agar berfungsi Anda harus masuk ke akun Google, terhubung ke data seluler atau Wi-Fi, aktifkan lokasi, aktifkan Find My Device.

Langkah di atas harus dilakukan sebelum ponsel hilang. Seperti Find My iPhone, Anda dapat menemukan ponsel Android menggunakan beberapa metode berbeda.

Dari browser, buka android.com/find untuk menemukan perangkat yang hilang. Masuk ke akun Google, klik ikon ponsel yang hilang di bagian atas layar.

Pemberitahuan akan dikirim ke ponsel Anda. Anda akan melihat di peta kira-kira di mana ponsel Anda berada. Pilih Putar Suara agar ponsel Anda berdering dengan volume maksimal selama lima menit sehingga Anda dapat menemukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya