Ada Teknologi Google di Smart TV China

Google TV.
Sumber :
  • XDA Developers

VIVA – Raksasa teknologi China TCL menghadirkan TCL 43Q725, yaitu TV QLED 4K HDR 43 inchi yang sudah dilengkapi dengan Dolby Vision dan Dolby Atmos. Selain ukurannya lebih kecil juga sudah dilengkapi dengan Google TV sebagai sistem operasi (OS).

Mobil MPV Terlaris Ini Bakal Dapat Mesin Hybrid

“TCL 43Q725 menjadi TV QLED TCL pertama yang menggunakan Google TV. Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang imersif (benar-benar seperti nyata) dan memberikan teknologi terkini," kata General Manager TCL Indonesia, Peter Chen, Minggu, 23 Januari 2022.

Menurutnya, TCL 43Q725 menawarkan visual profesional 4K dan HDR 10+ 4 juta piksel dengan teknologi Quantum Dot yang menghadirkan kualitas tampilan detail menakjubkan.

Akhiri Perang Dingin, Menhan AS dan China Lakukan Video Call Setelah Setahun

Quantum dot display adalah perangkat tampilan yang menggunakan quantum dot, nanocrystals semikonduktor yang dapat menghasilkan cahaya merah, hijau, dan biru monokromatik murni.

TV QLED 4K ini bereproduksi dalam detail yang menakjubkan dalam semua nuansa cahaya, warna alami untuk pengalaman menonton yang benar-benar nyata melalui 3.840 x 2.160 piksel (4 kali jumlah piksel di TV Full HD). Teknologi Quantum Dot Display pada layarnya mampu menghasilkan 100 persen volume warna yang lebih baik.

Terlalu Pro-China, AS Diduga Akan Intervensi Pemilu di Kepulauan Solomon

Tak berhenti sampai di situ. TCL juga menyematkan teknologi HDR 10+ pada TV 4K 43Q725 yang mampu mengoptimalkan kualitas gambar untuk layar Ultra HD 4K dengan menggunakan pemetaan nada dinamis untuk mencerminkan variasi frame demi frame dalam kecerahan, saturasi warna, dan kontras.

Smart TV TCL 43Q725.

Photo :
  • TCL

Tak hanya itu, seri QLED Google TV ini menggunakan teknologi pemrosesan gambar bergerak MEMC (Motion Estimation Motion Compensation). TCL 43Q725 didukung dengan fitur Dolby Vision dan Dolby Atmos sehingga mampu memberikan pengalaman sinematik berkualitas tinggi dengan gambar dinamis dan audio yang imersif.

Dolby Vision adalah teknologi canggih yang menggabungkan High Dynamic Range (HDR) dengan kemampuan warna cerah untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik. Hal ini membuat tampilan gambar pada layar TCL 43Q725 terlihat lebih jelas dengan kecerahan, kontras, warna, dan detail yang luar biasa.

Perpaduan Dolby Vision dan juga HDR10+ jadikan TV TCL 43Q725 ini makin apik dalam urusan kualitas detail, warna, dan ketajaman. TCL 43Q725 juga didukung oleh Dolby Atmos, yang menempatkan suara dalam ruang multi-dimensi.

Dengan Dolby Atmos, suara yang dihasilkan bergerak ke seluruh ruangan dengan kualitas sangat realistis, jernih, dan tentunya detail yang dihasilkan lebih terasa di telinga.

Hadir dengan OS Google TV terbaru, sehingga pengguna mendapatkan tampilan yang lebih cerah dibandingkan dengan Android TV lain. Hal ini juga menjadikan TCL 43Q725 sebagai smart TV 43 inchi pertama yang menggunakan OS Google TV.

OS Google TV diketahui merupakan sebuah pengembangan terbaru dari Sistem Operasi Android yang dikhususkan untuk smart TV. Antarmuka TCL-Channel, yakni Amati UI juga dibuat lebih cerah dan intuitif.

TCL 43Q725 mendukung game cloud online, dan tidak perlu ada konsol game tambahan. Selain itu, TV QLED 4K HDR 43 inchi juga memiliki akses ke game pihak ketiga, pengguna dapat bermain game dengan ponsel atau gamepad pihak ketiga.

"Terlebih lagi ada pilihan fitur anak yang bisa disesuaikan penggunaannya untuk anak-anak di rumah sehingga lebih aman dan orangtua tidak perlu khawatir lagi," papar Chen. TV 43Q725 akan rilis perdana secara online pada 25 Januari 2022 di Lazada dan Electronic City.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya