4 Sistem Operasi Ponsel Penantang Android dan iOS

Android vs iOS.
Sumber :
  • Bobile.com

VIVA – Android masih menjadi raja sistem operasi (OS) ponsel pintar. Berdasarkan laporan StatCounter, OS Android menduduki 70,01 persen pangsa pasar pada Desember 2021 yang disusul oleh iOS, sistem operasi milik Apple.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Sebenarnya, ada beberapa opsi untuk pengguna ponsel menggunakan sistem operasi lain. Pilihan lain itu mungkin saja lebih menarik dan cocok bagi pengguna. Berikut daftar OS, selain Android dan iOS, berdasarkan data yang dikelola VIVA Tekno, Senin, 31 Januari 2022:

Ubuntu Touch

Apple Izinkan iPhone Diperbaiki Pakai Suku Cadang Asli tapi Bekas

OS yang dikembangkan Canonical Ltd dan UBports community ini dirancang untuk perangkat bergerak dengan layar sentuh seperti ponsel pintar atau tablet. Sistem operasi ini menggunakan open-source dan dapat digunakan oleh semua produsen ponsel.

SirinOS

Bos Apple Tim Cook Injakkan Kaki di BSD Tangerang

Sistem operasi (OS) yang satu ini diklaim aman untuk pengguna yang mengakses dan menyimpan cryptocurrency dengan ponsel. OS yang dibuat Sirin Labs ini akan memberi pengguna pengalaman Android yang mudah digunakan dengan Play Store dan aplikasi yang ada di dalamnya.

Yang membedakan SirinOS dengan lainnya adalah peningkatan keamanan seluruh perangkat dan dompet bawaan yang dapat diakses melalui Safe Screen.

KaiOS

OS ini diklaim bisa membuat internet dapat diakses melalui teknologi seluler yang ringan dan terjangkau. KaiOS hadir untuk memberdayakan orang-orang di seluruh dunia melalui teknologi.

KaiOS juga bukan sekadar platform yang membawa pengguna 2G ke tingkat berikutnya dengan layanan digital, tetapi juga untuk inklusi digital dan keuangan. OS ini memungkinkan pengguna internet 'mengubah dan membangun hari esok yang lebih baik'.

HarmonyOS

Ini adalah sistem operasi milik Huawei yang diciptakan setelah mereka mendapat larangan kerja sama dengan perusahaan Amerika Serikat (AS), termasuk Google.

Sejak pertengahan tahun lalu, OS tersebut mulai dipergunakan di beberapa smartphone, tablet, smartwatch, bahkan peralatan rumah tangga.

Harmony atau dikenal sebagai Hongmeng dalam bahasa China adalah sistem operasi yang telah dikerjakan oleh Huawei sejak 2012.

Huawei memposisikan HarmonyOS sebagai sistem operasi modern yang dirancang untuk semua perangkat IoT, membuatnya lebih fleksibel daripada Android atau iOS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya