Mudahnya Bikin Baterai iPhone Panjang Umur

iPhone 13.
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA – Semua orang pasti menginginkan perangkat ponsel mereka, Android atau iPhone, tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Mobil Sport Listrik Ini Akhirnya Bisa Dipesan, Harga Rp1,1 Miliar

Sayangnya, beberapa orang akan mengalami beberapa masalah pada perangkat. Salah satunya baterai yang menjadi boros.

Jika masa pakai baterai iPhone Anda memburuk, ada beberapa cara cepat dan mudah untuk memperbaikinya.

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Berikut beberapa tips dan peretasan sederhana untuk meningkatkan masa pakai baterai iPhone:

Nyalakan kecerahan otomatis

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Anda mungkin tergoda untuk membiarkan kecerahan ponsel disetel dengan maksimal. Padahal semakin terang layar ponsel, semakin cepat masa pakai baterai akan terkuras.

Jadi pertimbangkan untuk mengaktifkan fitur Auto-Brightness yang akan mengatur kecerahan layar berdasarkan pencahayaan sekitar di mana pun Anda berada.

Ini secara signifikan dapat meningkatkan masa pakai baterai dari waktu ke waktu dan merupakan cara praktis untuk menjaga kecerahan pada tingkat yang tepat secara otomatis.

Hapus aplikasi yang menguras baterai

iPhone memiliki alat bawaan yang memungkinkan user mengungkap dengan tepat aplikasi mana yang menghabiskan masa pakai baterai. Caranya dengan buka Settings kemudian Battery.

Selanjutnya ketuk opsi 'Last 10 Days' yang akan mengungkapkan penggunaan baterai untuk berbagai aplikasi pada 10 hari terakhir.

Jika Anda menggulir ke bawah, Anda dapat melihat aplikasi yang telah menggunakan sebagian besar masa pakai baterai dalam bentuk persentase.

Jadi jika sebuah aplikasi memiliki angka 20 persen, itu berarti aplikasi tersebut menghabiskan seperlima dari semua masa pakai baterai yang digunakan dalam 10 hari terakhir.

Anda juga dapat mengaktifkannya untuk menampilkan item yang terdaftar berdasarkan aktivitas (mengaturnya berdasarkan penggunaan baterai).

Jadi, jika Anda hanya menghabiskan sedikit waktu pada sebuah aplikasi tetapi aplikasi tersebut berada di urutan teratas dalam daftar penggunaan, itu artinya aplikasi ini sangat boros baterai.

Jangan gunakan iPhone ketika isi daya

Beberapa orang menggunakan iPhone saat terhubung ke pengisi daya. Padahal perilaku ini bisa sangat merusak baterai.

Ada bukti yang menunjukkan bahwa menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya tidak hanya dapat mengurangi masa pakai baterai tetapi juga mengganggu siklus pengisian daya.

Ini bisa terjadi jika Anda menggunakan ponsel untuk bermain game atau menonton video yang akan membuat prosesor bekerja lebih keras, mengutip dari situs The Sun, Jumat, 4 Februari 2022.

Tutup otomatis tab Safari

Cara lain untuk meningkatkan kinerja baterai adalah dengan memicu perintah tutup otomatis untuk tab di aplikasi Safari iOS. Saat alat ini diaktifkan, pengguna tidak perlu menutup tab secara manual dari dalam aplikasi.

Jalan seperti ini akan membuat browser cenderung tidak mengalami penumpukan tab yang tidak digunakan, yang dapat memperlambat perangkat dan mengurangi masa pakai baterai.

Untuk mengaturnya buka aplikasi Settings, gulir ke bawah dan ketuk Safari. Gulir ke bawah lagi dan ketuk Close Tabs. Pilih dari menu apakah Anda ingin tab ditutup setelah satu hari, satu minggu, atau satu bulan.

Jaga iPhone tetap dingin

Hal terakhir yang harus dilakukan untuk menghemat baterai iPhone adalah membuatnya tetap dingin sesering mungkin.

Ini tidak hanya akan membantu menjaga masa pakai baterai tetapi juga akan meningkatkan fungsionalitas dan umur iPhone secara keseluruhan.

Misalnya, saat mengisi daya, maka simpan iPhone di tempat yang berventilasi baik atau bahkan mengeluarkannya dari casing saat diisi ulang. Pengguna juga harus menghindari meletakkan ponsel di dasbor panas atau di bawah bantal saat tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya