Siap-siap, Belasan Ponsel Baru Akan Serbu Indonesia

Ilustrasi ponsel.
Sumber :
  • AnandTech

VIVA – Indonesia diprediksi akan masih diramaikan oleh kedatangan ponsel baru. Hal ini diketahui dari situs resmi Tingkat Kandungan Dalam Negeri Kementerian Perindustrian (TKDN Kemenperin).

Vokasi Industri Kemenperin Buka Pendaftaran Sampai 31 Mei

Berdasarkan data diolah VIVA Tekno, Senin, 14 Februari 2022, ada sekitar 15 ponsel baru siap dirilis, dan salah satunya telah dikonfirmasi oleh produsennya. Berikut daftarnya:

Realme

Perprindo Protes Permenperin Baru soal Impor Elektronik Picu Ketidakpastian Hukum, Ini Penjelasannya

Realme mengkonfirmasi akan membawa Realme 9 Pro series pada 16 Februari mendatang. Selain itu ada produk lainnya yang juga telah mengantongi sertifikasi TKDN, yakni Realme C35, Realme C31, Realme Narzo 50A Prime dan Realme GT 2 Pro, namun belum diketahui kapan keempat produk ini akan rilis di Indonesia.

Xiaomi

Asosiasi Minta Pemerintah Tak Batasi Angkutan Logistik saat Libur Hari Besar Keagamaan

Pabrik asal China ini akan merilis beberapa produk di kelas flagship, menengah maupun terjangkau. Kelas flagship akan diisi Xiaomi 12, menengah dihadirkan Redmi Note 11 series, serta Redmi 10A. Satu lagi berasal dari merek Poco yakni Poco M4 4G.

Oppo

Perangkat Oppo yang telah lolos TKDN adalah Reno7 5G, Reno7 Z 5G dan Oppo A76. Reno7 5G digadang-gadang akan memiliki spesifikasi yang berbeda dengan versi China berkat Laser Direct Imaging (LDI).

Ini adalah teknologi yang desainnya meniru pola jejak bintang di angkasa untuk menghasilkan pola unik pada penampang belakang perangkat.

Samsung

Samsung akan membawa Galaxy A53 dan Galaxy A33 ke Tanah Air. Meski belum diumumkan secara global, tapi rumornya Galaxy A53 akan memiliki layar Super AMOLED 6,5 inchi dengan resolusi FHD Plus.

Ponsel kemungkinan akan mengusung chipset Exynos 1200 dan dibekali baterai 5.000mAh.

Sementara itu spesifikasi Galaxy A33 masih menjadi misteri. Ponsel ini kemungkinan akan membawa chipset MediaTek Dimensity, baterai 5.000mAh dengan pengisian cepat 25W, dan sertifikasi IP67.

Vivo

Vivo juga tak mau ketinggalan. Perangkat yang teridentifikasi lolos TKDN adalah Vivo Y33T. Ponsel kelas menengah yang telah rilis di India ini mempunyai chip Qualcomm Snapdragon 680 yang mana dibekali Image Signal Processor (ISP) Spectra 346 yang akan meningkat pemrosesan gambar.

Vivo Y33T masih mengusung panel LCD berukuran 6,58 inchi dengan resolusi Full HD Plus (2.408 x 1.080 piksel). Di bagian tengah atas layar terdapat poni berbentuk tetesan air (water drop) wadah dari kamera selfie 16 MP (f/2.0).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya