Penampakan Awal dari Android 13

Android.
Sumber :
  • Hacker Noon

VIVA – Google baru saja meluncurkan pratinjau pengembang pertama dari Android 13. Sistem operasi (OS) terbaru yang diberi nama Tiramisu ini tidak memiliki banyak perubahan jika dibandingkan saat pergeseran Android 11 ke 12.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Tampaknya Google masih mempertahankan tampilan keseluruhan dari generasi sebelumnya tetapi memperbaruinya dengan fitur-fitur anyar.

Mengutip dari laman Android Authority, Selasa, 15 Februari 2022, berikut daftar fitur terbaru dari Android 13 atau Tiramisu:

7 Rahasia Google

Nama dan waktu rilis

Berkat pratinjau pengembang pertama kemungkinan besar nama kode untuk Android 13 adalah Tiramisu. Untuk tanggal rilis Android 13, Google telah membagikan jadwalnya.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Dilihat dari jadwal itu, sepertinya akan ada dua pratinjau pengembang, empat beta dan peluncuran yang stabil sekitar Agustus 2022.

Fitur privasi

Privasi dan keamanan selalu menjadi yang terpenting bagi Google. Setiap perilisan Android baru, perusahaan membuat sistem operasi lebih aman dan lebih pribadi dengan lebih banyak kontrol pengguna atas hal-hal yang paling penting.

Yaitu, ada pemilih foto baru yang aman. Saat pengguna berbagi dokumen dengan aplikasi Android, pemilih dokumen yang muncul cukup aman.

Itu tidak mengizinkan aplikasi untuk memiliki akses ke semua dokumen, hanya yang dipilih saja. Fitur ini juga akan membuat pemilihan foto penyimpanan lokal dan cloud bersifat universal di seluruh aplikasi.

Kabar baiknya pengguna tidak perlu Android 13 untuk melihat fitur ini karena Google akan mendorongnya ke semua ponsel Android 11 dan 12 menggunakan Google Play Store.

Selain itu Google juga memperkenalkan izin Wi-Fi baru agar tidak perlu terlalu bergantung pada izin lokasi. Pada dasarnya, aplikasi yang memerlukan akses ke perangkat Wi-Fi terdekat biasanya memerlukan akses ke izin lokasi.

Tema yang lebih baik

Android 13 akhirnya akan menghadirkan ikon bertema otomatis, di mana ikon akan berubah menjadi monokrom jika pengguna menerapkan mode gelap pada ponsel.

Pada awalnya ini hanya akan berfungsi pada perangkat Pixel dan juga hanya berfungsi pada aplikasi di mana pengembang telah membuat alternatif ikon monokrom.

Google mendorong para pengembang untuk menawarkan jenis ikon ini dan juga bekerja sama dengan mitra OEM untuk menghadirkan tema ikon ke non-Pixel.

Fitur lainnya

Bahasa per aplikasi: Pengguna dwibahasa mungkin ingin menggunakan satu bahasa untuk sistem mereka dan bahasa lainnya dalam aplikasi tertentu.

Android Tiramisu akan membuatnya lebih mudah dengan API platform baru yang memungkinkan pengembang untuk menyetel atau mendapatkan bahasa pilihan pengguna.

Tanda hubung (-): Saat teks melebihi batas yang telah ditentukan, maka secara otomatis akan diberi tanda hubung. Versi baru Android ini meningkatkan kinerja sistem operasi dengan klaim hingga 200 persen.

Shader yang dapat diprogram: Ini akan memungkinkan pengembang untuk menambahkan efek riak, blur, dan animasi lainnya langsung dari Android.

Pembaruan sistem Google Play: Dikenal sebagai Project Mainline, sistem ini memungkinkan Google mengirim pembaruan Android ke ponsel apa pun, terlepas dari versi, pabrikan, dan lain sebagainya.

Android 13 semakin menyempurnakan sistem ini dengan memperluas cakupan proyeknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya