Implan Jantung Bisa Tidak Berfungsi gara-gara iPhone 12 Pro Max

Apple iPhone 12 Pro Max.
Sumber :
  • Engadget

VIVA – Ponsel pintar bikinan Apple, iPhone 12 Pro Max, ternyata bisa menyebabkan implan jantung tidak berfungsi.

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

Magnet yang ditemukan di perangkat elektronik portabel termasuk smartphone, casing pengisi daya, earbud nirkabel, dan aksesori stylus dapat menyebabkan implan jantung tidak berfungsi jika diletakkan terlalu berdekatan.

Implanted cardioverter-defibrillators (ICD) adalah perangkat medis yang dipasang di dada pasien untuk melacak detak/irama jantung mereka dan memberikan kejutan korektif ke jantung untuk melindungi dari ketidakteraturan yang mengancam jiwa.

Microsoft to Not Regret Investing in Indonesia, Minister Says

Namun, operasi vital ICD dan alat pacu jantung dapat dihambat oleh medan magnet yang cukup kuat, seperti yang dihasilkan di area sekitar gadget elektronik portabel modern, seperti diansir dari situs Express, Jumat, 4 Maret 2022.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa iPhone 12 Pro Max menghasilkan medan magnet yang cukup kuat untuk mengganggu ICD dan alat pacu jantung pada jarak sekitar satu inchi.

Privy Luncurkan Paket Berlangganan Tanda Tangan Unlimited untuk Keamanan Transaksi Digital

Tapi kemudian studi baru menemukan bahwa interaksi seperti itu juga terjadi dengan perangkat lainnya.

"Pasien jantung harus mewaspadai risiko ini dan dokter yang merawatnya harus memberi tahu mereka untuk berhati-hati dengan perangkat elektronik bermagnet ini," ungkap Peneliti Utama Corentin Fery.

Menurutnya, iPhone 12 Pro Max bisa menyebabkan masalah saat dibawa di saku baju atau jaket di depan dada, serta ketika berbaring di sofa dan meletakkan perangkat elektronik di dada.

Dalam studi mereka, Fery dan rekan ilmuwan mengukur output medan magnet dari tiga perangkat elektronik portabel seperti kasing nirkabel Apple, AirPods Pro, Apple Pencil generasi kedua, dan Microsoft Surface Pen.

Untuk setiap gadget, tim menggunakan 64 sensor magnetik untuk memetakan kekuatan medan yang dipancarkan pada berbagai jarak.

Mereka kemudian membandingkan temuan dengan data yang ada pada medan magnet yang dihasilkan oleh iPhone 12 Pro Max.

Fery dan para ilmuwan bereksperimen dengan membawa masing-masing gadget secara bertahap lebih dekat ke lima defibrillator, dari dua produsen perwakilan, hingga perangkat jantung tidak berfungsi karena gangguan magnetik.

Jarak maksimum di mana gadget mengganggu pengoperasian perangkat jantung implan adalah 1,14 inchi untuk Microsoft Surface Pen dan 0,78 inchi untuk semua produk Apple.

"Tapi, jarak minimal untuk memisahkan gadget dari defibrillator demi keamanan adalah 0,71 inchi untuk Microsoft Surface Pen dan casing pengisi daya Apple AirPods Pro yang terbuka. Jarak aman ini berkurang menjadi 0,31 inchi untuk iPhone 12 Pro Max dan Apple Pencil generasi kedua," jelas Fery.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya