Cara membuat Akun PayPal di HP dan Komputer, Mudah Banget

Cara membuat akun PayPal.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Cara membuat akun paypal sangatlah mudah. Jika kamu belum mengetahui bagaimana cara membuat akun paypal, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

EDC Android Dipakai untuk Memasarkan Produk

Di era digital ini memang Sebagian besar perusahaan memanfaatkan kecanggihan digital yang ada saat ini. Dompet digital saat ini sudah menjadi pilihan yang lumrah karena pembayarannya sangat praktis dan juga tak perlu repot-repot dengan uang cash yang bikin dompet makin tebal. Salah satu dompet digital yang populer yaitu PayPal.

PayPal adalah salah satu alat pembayaran melalui dompet digital terbesar di dunia. PayPal merupakan dompet digital berupa rekening online yang bisa digunakan untuk transaksi, baik mengirim maupun menerima uang. 

Mengatasi Ketakutan Anak Sebelum Sunat, Inovasi Klinik Sunat dengan Permainan dan Teknologi

Diketahui bahwa dompet digital PayPal telah digunakan lebih dari 200 negara dengan 400 juta pengguna aktif. Dikarenakan akses PayPal yang sangat luas hingga ke seluruh dunia, maka menggunakan PayPal menjadi pilihan yang sangat tepat. Kamu juga bisa membeli barang secara online dari seluruh dunia hanya dengan menggunakan pembayaran melalui PayPal. Lalu, bagaimana cara membuat akun PayPal? Berikut telah kami rangkum bagaimana cara membuat akun PayPal.

Cara membuat akun PayPal menggunakan smartphone

Digitalisasi Makin Eksis, Dompet Digital Ini Beri Gratis Biaya Admin Saat Transfer

Ilustrasi PayPal dan Andoroid

Photo :
  • www.elandroidelibre.com

  1. Pertama, buka situs resmi PayPal melalui www.paypal.com atau bisa juga melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui Android maupun iOS.
  2. Kemudian klik menu Sign Up yang tertera pada pojok kanan atas.
  3. Kamu dapat memilih antara akun Personal maupun Bisnis. Jika diperlukan untuk urusan pekerjaan, kamu bisa memilih akun bisnis. Jika hanya digunakan untuk urusan pribadi dalam sehari-hari, kamu bisa memilih akun personal. 
  4. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan data pribadi mulai dari asal negara, nama depan, nama belakang, alamat email, kata sandi dan sebagainya. Pastikan mengisi data dengan benar.
  5. Selanjutnya isi alamat dengan lengkap, mulai dari kewarganegaraan, kota, tanggal lahir, dan nomor hp. Pastikan untuk membaca user agreement dan privacy policy, lalu konfirmasi.
  6. Setelah melakukan konfirmasi, buka email yang masuk ke dalam Inbox. Kemudian klik tautan yang akan mengarahkan kembali menuju website atau aplikasi PayPal. 
  7. Aktivasi akun PayPal. Setelah memiliki akun PayPal kamu perlu melakukan aktivasi agar akun PayPal kamu dapat digunakan untuk mengirim dan menerima uang. Masuk kembali ke akun PayPal dan kemudian pilih opsi “Wallet”. Setelah itu, pilih link a debit or credit card. Untuk melakukan aktivasi diperlukan saldo minimal 1,95 dolar AS atau sekitar Rp 30.000. Kamu juga diwajibkan memasukkan nomor kartu, tipe kartu dan CVV yang tertera pada kartu debit atau kredit. 
  8. Menunggu aktivasi. Setelah mengisi informasi terkait kartu debit atau credit, maka tunggu sekitar 2-3 hari untuk aktivasi. Setelah selesai, maka akun PayPal sudah siap untuk digunakan.

Cara membuat akun PayPal menggunakan komputer

PayPal

Photo :
  • pixabay
  1. Buka situs Paypal. Buka situs PayPal melalui browser di komputer atau laptop yang kamu gunakan. Berikut website nya www.paypal.com .
  2. Klik menu “sign up”. Setelah membuka situsnya, kamu bisa klik “sign up” yang ada di bagian kanan atas situs.
  3. Pilih personal atau bisnis. PayPal menjelaskan, terdapat perbedaan dan persamaan antara akun personal dan bisnis. Keduanya dapat digunakan sebagai alat untuk mengirim dan menerima uang.
  4. Fitur tambahan yang ada pada akun bisnis adalah, memungkinkannya akses untuk lebih dari 200 karyawan per akun. Akun bisnis sangat cocok digunakan oleh pengelola perusahaan, sedangkan akun personal cukup untuk dipakai dalam bertransaksi sehari-hari. Jika kamu memilih membuka akun PayPal personal, pilih “Personal Account”, lalu klik “Next”.
  5. Masukkan data pribadi. Tahap selanjutnya yaitu melakukan pengisian data pribadi. Masukkan nama depan dan belakang, alamat e-mail, dan buat password-mu. Setelah semua terisi dengan benar, kemudian klik “Next”.
  6. Mengisi alamat lengkap. Setelah kamu menekan menu “Next”, tahap selanjutnya dalam cara membuat PayPal yaitu mengisi alamat lengkap kamu. Data tersebut seperti nama kota/kabupaten, nomor ponsel, tanggal lahir, serta kewarganegaraanmu. Pastikan untuk mengisi semua data dengan lengkap. Setelah itu, bacalah user agreement dan privacy policy PayPal yang dapat kamu temukan di bagian bawah setelah alamat. Jika kamu setuju, klik kotak nomor dua untuk mengonfirmasi bahwa kamu setuju dengan kedua ketentuan tersebut.
  7. Cek email untuk melakukan konfirmasi. Hal ini persis seperti pada umumnya saat kamu melakukan registrasi akun di media sosial. PayPal akan mengirimkan kamu email berisi link untuk mengonfirmasi akun PayPal kamu.
  8. Aktivasi Akun PayPal

Setelah kamu memiliki akun PayPal, kamu harus melakukan aktivasi agar akun yang kamu miliki bisa digunakan untuk mengirim maupun menerima uang. Seperti halnya cara isi saldo PayPal, kamu membutuhkan kartu kredit atau kartu debit. Berikut tata cara aktivasi akun PayPal:

  • Masuk ke akun PayPal yang kamu miliki. Akses situs PayPal, lalu klik “log in”.
  • Setelah kamu masuk ke dalam akun PayPal kamu, secara otomatis, kamu dihadapkan dengan halaman “summary”. Cara untuk membuat PayPal-mu aktif adalah dengan memilih halaman “wallet” yang berada di header atas halaman.
  • Langkah selanjutnya yaitu memilih opsi “Link a debit or credit card”. Kamu membutuhkan kartu kredit atau kartu debit yang berisi saldo minimal 1,95 USD (sekitar Rp 30.000) untuk melakukan aktivasi akun. PayPal akan secara otomatis memotong saldo kartu debitmu, atau melakukan transaksi kartu kredit sebesar nominal yang telah disebutkan tadi.
  • Kemudian, kamu harus memasukkan nomor kartu, tipe kartu, serta CCV yang ada di kartu debit atau kreditmu. Setelah selesai, klik “Link Card”.
  • Setelah memasukkan informasi mengenai kartumu, kamu akan diminta untuk menunggu sekitar 2-3 hari. Setelah itu, akun PayPal kamu siap untuk digunakan.

Mengapa harus menghubungkan rekening bank atau kartu ke rekening PayPal?

Paypal

Photo :
  • http://www.standuptocancer.org.uk

Dengan menghubungkan rekening bank atau kartu ke rekening PayPal, kamu tidak perlu mengeluarkan dompet atau memasukkan nomor kartu atau informasi pribadi apa pun saat melakukan pembayaran online menggunakan PayPal. Hanya dengan alamat email dan sandi, kamu bisa checkout dengan aman dan mudah. 

Jika kamu mencoba melakukan pembayaran, namun tidak memiliki dana yang mencukupi di saldo PayPal, transaksi dapat dibayar dengan cepat dan mudah dengan metode pembayaran utama yang kamu pilih (rekening bank atau kartu).  

Rekening bank

Paypal Indonesia

Photo :
  • paypal.com

Menghubungkan rekening bank ke rekening PayPal merupakan cara mudah untuk mengetahui pengeluaran kamu. Saat kamu menghubungkan rekening bank, maka hal itu akan otomatis menjadi cara pembayaran saat kamu belum memilih metode pembayaran utama atau metode pembayaran utama kamu tidak tersedia dan saldo rekening PayPal tidak mencukupi untuk membayar transaksi. Kamu dapat dengan mudah memilih metode pembayaran lain yang tersedia saat checkout.

Alasan harus menghubungkan akun PayPal dengan bank

Ilustrasi transaksi pembayaran melalui berbagai sistem Anjungan Tunai Mandiri atau debit, uang elektronik, sampai dengan kartu kredit.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Setelah kamu menghubungkan rekening bank, membayar dengan bank akan aman. Berikut beberapa alasannya:

  • Penerima tidak akan melihat informasi rekening bank saat kamu membayar.
  • Pihak PayPal akan mengirimkan resi setiap kali pembayaran dilakukan dari rekening sehingga kamu dapat tetap mengikuti transaksi.
  • Pihak PayPal juga memeriksa semua transaksi dan memberitahu pengguna jika PayPal menemukan aktivitas rekening yang tidak biasa.
  • Pembayaran tanpa otorisasi jarang terjadi. Namun jika pembayaran tanpa otorisasi terkirim dari rekening PayPal kamu, maka kamu akan dilindungi. Pihak PayPal juga akan mengganti uang kamu (biasanya dalam 10 hari kerja sejak kamu memberitahu PayPal mengenai pembayaran tanpa otorisasi tersebut) sehingga kamu akan mendapatkan kembali uang kamu sementara pihak PayPal akan memeriksa transaksi tersebut.

Kartu debet atau kartu kredit

Kartu kredit.

Photo :
  • U-Report

Kamu dapat menghubungkan kartu Visa, MasterCard, Discover, atau American Express kamu untuk mengirim pembayaran ke keluarga dan teman, atau membayar berbagai tagihan.

Untuk menghubungkan kartu ke rekening PayPal, alamat penagihan di laporan kartu harus sesuai dengan alamat di rekening PayPal kamu. Kamu dapat menambahkan lebih dari satu kartu ke rekening PayPal. Tetapi, untuk keamanan kamu, satu kartu hanya dapat terhubung ke satu rekening PayPal pada satu waktu.

Jika suami/istri kamu menghubungkan kartu debet atau kartu kredit kamu ke rekening PayPal mereka, misalnya, mereka harus menghapus kartu dari rekening mereka sebelum kamu dapat menambahkan kartu ke rekening kamu.

Untuk alasan keamanan, kamu hanya dapat menghubungkan kartu yang memiliki nomor verifikasi kartu (yang disebut juga kode CSC). Pihak PayPal meminta kamu untuk memasukkan nomor verifikasi kartu saat kamu menghubungkan kartu ke rekening PayPal.

Demikianlah berbagai cara membuat akun PayPal yang sangat mudah dan praktis. Lengkap dengan informasi mengapa kamu harus menghubungkan akun PayPal dengan bank yang kamu miliki. Semoga artikel ini bermanfaat.

Ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Manajer reksa dana bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio investasi dari reksa dana yang mereka kelola. Berikut bocoran cara kerja manajer investasi Reksa Dana.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024