5 Langkah Mudah Mempersiapkan Gadget untuk Anak

Samsung Galaxy Tab A8
Sumber :
  • Dok: SEIN

VIVA – Saat ini gadget atau gawai sudah umum diberikan kepada anak, untuk mendukung kreativitas mereka. Perangkat elektronik canggih ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk menuangkan imajinasi, serta media untuk menimba ilmu. Contohnya adalah tablet Samsung Galaxy Tab A8 yang sudah disematkan dengan beragam fitur yang bisa membuat waktu belajar menjadi lebih menarik. 

Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah

“Lebih dari sekadar hiburan, Samsung Galaxy Tab A8 dapat menjadi sarana untuk membuat belajar lebih menarik bagi anak” ujar Annisa Maulina, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

“Samsung Galaxy Tab A8 dirancang sebagai tablet yang manTAB untuk mendukung berbagai aktivitas anak, dari belajar di rumah, mengikuti kelas online, main game atau nonton channel favorit di YouTube.”

Apple Bagi-bagi Undangan

Samsung Galaxy Tab A8

Photo :
  • Dok: SEIN

Tapi agar tujuan itu tercapai, Galaxy Tab A8 perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum diberikan dan digunakan oleh anak. Caranya mudah, seperti berikut ini:

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

1. Pasang case pelindung
Case atau pelindung akan membuat Samsung Galaxy Tab A8 lebih aman saat digunakan oleh anak yang terbilang aktif. Anda bisa melengkapi tablet ini dengan aksesoris book cover yang mudah dipasang dan bisa menambah perlindungan dari benturan dan goresan. 

Book cover Galaxy Tab A8 bisa dibuka pada sudut yang paling nyaman untuk penggunaan anak, baik saat belajar di mana saja atau sambil duduk santai di sofa. Cukup sesuaikan sudut layar untuk membaca, menonton konten, atau melakukan video call di layar 10,5 inci yang luas dan jernih. 

2. Atur Parental Control
Setelah pelindung luar, saatnya mempersiapkan elemen perlindungan digital agar digital life anak dapat berlangsung dengan aman dan anak tidak terpapar konten-konten yang tidak sesuai dengan umurnya. Caranya adalah dengan mengatur parental control.

Pengaturan parental control bisa Anda lakukan langsung melalui Settings lalu ke Digital Wellbeing and parental controls. Parental control bisa diakses melalui aplikasi Samsung Kids, aplikasi khusus anak yang sudah pre-installed di Galaxy Tab A8.

Dengan fitur parental control, orang tua bisa mengatur Screen Time, yakni batas waktu penggunaan tablet, dan menentukan aplikasi apa saja yang boleh diakses oleh anak. Orang tua juga akan mendapatkan update activity anak selama menggunakan tablet.

3. Tentukan Screen Time yang tepat untuk Anak
Screen Time adalah batas waktu penggunaan tablet yang bisa diterapkan pada anak, sehingga mereka tidak kebablasan menggunakan gadget dan lupa waktu. Untuk mengatur Screen time di aplikasi Samsung Kids, buka aplikasi lalu tap tombol titik tiga di pojok kanan atas. Pilih Parental Control lalu masukkan PIN.

Parental control di Samsung Galaxy Tab A8

Photo :
  • Dok: SEIN

Di layar Parental Control akan terlihat foto profil anak, Activity Report, Screen Time, dan Allowed Content. Pilih Screen Time dan atur sesuai preferensi orang tua. Anda bisa menentukan apakah pengaturan Screen Time ini akan sama setiap hari (Same every day), jika sama, centang! Selanjutnya tentukan berapa lama screen time yang Anda berikan. Pilihannya adalah 15 menit, 30 menit, 1 jam, atau custom (minimal 5 menit). 

Jika Anda ingin mengatur goals untuk tiap hari dalam sepekan, centang di Set goals for each day of the week. Atur berapa lama Screen time untuk hari Minggu sampai Minggu.  

4. Setup Lokasi
Anak bisa lupa dan meninggalkan gadget-nya di suatu tempat. Dengan Location Settings, orang tua bisa melacak keberadaan gadget yang tertinggal. Fitur ini menggunakan kombinasi antara GPS, jaringan selular, dan Wi-Fi untuk mencari lokasi perangkat. Untuk mengaturnya, dari Settings Anda ke Locations. Lalu tap tombol untuk mengaktifkan Location Services. 

Samsung Galaxy Tab A8 memiliki fitur Find my Mobile untuk melacak perangkat jika hilang atau dicuri orang. Dengan fitur ini Anda bisa mengunci perangkat untuk mencegah orang lain mengakses data yang ada di dalamnya. 

Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus menggunakan akun Samsung dan mengaktifkan Google location service. Cara mengaktifkan fitur ini, pergi ke Settings, pilih Biometrics and Security lalu pilih Find My Mobile. Tap untuk mengaktifkan dan log in ke akun Samsung anda. 

Anda bisa memilih opsi yang ada, yaitu Remote unlock di mana Anda mengizinkan Samsung menyimpan PIN, pattern, atau password sehingga Anda bisa mengunci lalu meng-unlock dan mengontrol perangkat dari jauh. Opsi kedua adalah Send last location di mana Anda mengizinkan perangkat mengirimkan lokasi terakhirnya ke server Find My Mobile daya baterai mencapai batas tertentu. 

5. Atur Screen Lock 
Screen lock ini berguna supaya tablet tidak diakses oleh orang yang tidak berhak saat layar sudah terkunci. Anda bisa memilih macam-macam cara membuka screen lock, dari yang paling mudah tapi rawan yaitu swipe, sampai yang medium seperti pattern, dan yang lebih aman yaitu PIN dan password. Gunakan PIN atau password yang tidak mudah ditebak orang dan tentu saja bisa diingat oleh anak.

Anda juga bisa mengaktifkan biometric security untuk unlock perangkat menggunakan wajah si anak, walau tidak seaman PIN dan password. Biometric security yang sudah didukung di Galaxy Tab A8 adalah face recognition. Anda bisa mengaturnya pergi ke Settings, tap Biometrics and security lalu Face recognition dan ikuti instruksinya.

Samsung Galaxy Tab A8 dirancang bagi keluarga yang membutuhkan perangkat teknologi yang mampu mendukung berbagai kegiatan sehari-hari, mulai dari belajar, menikmati hiburan, sampai dengan menikmati quality time bersama keluarga.

Koleksi e-book di Samsung Galaxy Tab A8

Photo :
  • Dok: SEIN

Tablet ini hadir dengan memori lebih besar untuk performa maksimal, yakni 4GB RAM dan 128GB untuk penyimpanan internal dan bisa ditingkatkan dengan penyimpanan eksternal hingga 1TB, baterai 7.040mAh yang kuat untuk mendukung aktivitas seharian, layar 10,5 inci yang luas untuk kenyamanan menikmati berbagai konten, teknologi Dolby Atmos pada quad-speaker untuk kualitas audio yang imersif. 

Samsung Galaxy Tab A8 tersedia dalam dua pilihan, yakni varian Wi-Fi warna Gray seharga Rp2.999.000, serta varian LTE yang dibanderol Rp4.499.000 dengan warna Gray, Silver dan Pink Gold.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya