Catat! Ponsel Terlaris Samsung Siap Dirilis Malam Ini

Samsung Galaxy A52 dan Galaxy A72.
Sumber :
  • Dok. Samsung

VIVA – Samsung mengonfirmasi sebuah gelaran besar bertajuk 'Galaxy A Event' pada Kamis hari ini, 17 Maret 2021 pukul 10.00 ET atau 21.00 WIB. Panggung tersebut diyakini kuat disiapkan Samsung untuk meluncurkan sejumlah ponsel A Series baru, di antaranya adalah Galaxy A53 dan A73.

Rupiah Melemah, OJK Kasih Tips Emak-emak Kelola Keuangan

Meski belum dirilis resmi, bocoran harga Galaxy A53 dan A73 sudah banyak beredar di internet. Mengutip situs GSM Arena, Kamis, 17 Maret 2022, melaporkan bahwa Samsung Galaxy A53 sudah dijual secara tidak resmi oleh pengecer di Serbia dan Kenya.

Di salah satu toko ritel online di Kenya sudah memampang harga Samsung Galaxy A53 seharga 45.500 Shilling Kenya atau setara Rp5,6 juta untuk varian RAM 8 GB/ROM 128 GB.

Harga Emas Hari Ini 23 April 2024: Produk Antam Amblas, Global Bervariasi

Sementara untuk Samsung Galaxy A73, situs yang sama memampang banderol 60 ribu Shilling Kenya (sekitar Rp7,5 juta) untuk varian RAM 8 GB/ROM 256 GB.

Dalam laporan terpisah, situs PocketLint memprediksi bahwa Galaxy A73 bakal dijual dengan banderol harga 33 ribu Rupee atau setara Rp6,2 juta.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Bila benar, harga Samsung Galaxy A53 dan A73 tersebut tak jauh berbeda dengan harga peluncuran dari pendahulunya, yaitu Galaxy A52 dan A72 pada Maret 2021.

Untuk harga, Samsung Galaxy A32 dibanderol Rp3 jutaan, serta Rp5 juta dan Rp7 juta untuk masing-masing varian Samsung Galaxy A52 dan Galaxy A72.

Ini adalah pertama kalinya Samsung mengadakan acara pengenalan skala besar untuk perangkat Galaxy A. Seri A, yang dirancang sebagian untuk menghadapi tantangan yang berkembang dari pesaing China di pasar handset kelas menengah dan bawah, terbukti populer di kalangan konsumen yang sadar harga.

Menurut pelacak industri Omdia, Samsung Galaxy A12, yang dirilis pada Desember 2020, adalah smartphone dengan pengiriman terbanyak di dunia tahun lalu, mencatat total 51,8 juta unit secara global, membantu Samsung mengkonsolidasikan posisi teratas di pasar ponsel.

Ponsel itu juga merupakan model pertama raksasa teknologi yang telah melampaui 50 juta dalam satu tahun, menurut Omdia. Sebuah laporan baru telah mengungkapkan beberapa informasi menarik mengenai keseluruhan penjualan Samsung dan berbagai seri ponselnya.

Seri Galaxy A ternyata adalah jajaran paling populer dan hampir mencapai setengah dari semua penjualan jika dibandingkan dengan setiap seri lainnya. Informasi itu datang dari laporan Counterpoint Research. Berdasarkan laporan itu, seri Galaxy A dari raksasa teknologi Korea Selatan itu adalah jajaran handset paling populer.

Dengan kata lain, seri Samsung Galaxy A menyumbang sebagian besar penjualan perusahaan, karena jajaran lain, seperti seri unggulan Galaxy S, seri Galaxy M di tingkat menengah, dan gabungan lainnya hanya menyumbang 58 persen secara keseluruhan.

Pada 2021, seri Galaxy A bertanggung jawab atas hampir dua pertiga dari penjualan smartphone Samsung. Selain itu, seri Galaxy A juga meraih sukses besar di seluruh dunia di berbagai negara. Mulai dari Amerika Utara, Eropa Barat dan Timur, dan bahkan di seluruh wilayah LATAM (Amerika Latin) dan MEA (Afrika Timur Tengah).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya